Dokter Patologi Klini Rs. Carolus, Bettia Bermawi (kedua dari kiri)--Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.
Dokter Patologi Klini Rs. Carolus, Bettia Bermawi (kedua dari kiri)--Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Pentingnya Medical Check Up Sejak Dini

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 09 Juli 2019 16:06
Mengetahui penyakit yang kita derita sedini mungkin adalah hal yang sangat poisitif. Kita jadi mengetahui, mencegah atau mengobati penyakit yang kita derita. Maka jangan lah sungkan untuk secara rutin melakukan medical check up.
 

Jakarta: Dokter Patologi Klini Rs. Carolus, Bettia Bermawi mengimbau masyarakat rutin melakukan medical check up sejak dini. Hal ini agar masyarakat mengetahui kondisi kesehatan serta mencegah penyakit yang sedang diderita.
 
"Kesehatan mahal harganya. Medical check up merupakan investasi buat diri di masa depan," kata Bettia, dalam jumpa pers Total Laboratory Automation, di Gedung Prodia, Jakarta, Selasa 9 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bettia mengatakan, medical check up atau pemeriksaan kesehatan rutin merupakan anjuran pemerintah yang tertuang dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Ini merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan seluruh komponen bangsa untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.
 
"Ini merupakan pemeriksaan rutin anjuran pemerintah, sebagai aksi pencegahan untuk memperoleh gaya hidup sehat," ujar dia.
 
Anjuran melakukan medical check up, kata Bettia, umumnya dilakukan setiap satu kali setahun sekali. Namun, dia menekankan, saat ini medical check up dianjurkan tidak hanya pada dewasa saja, tetapi juga pada anak.
 
"Menurut penelitian Riskesdas, sekarang tren perubauan penyait tak menular meningkat menyerang anak-anak. Diantaranya ada penyakit stoke, kanker, gagal ginjal kronis dan jantung koroner," beber dia.
 
Adapun medical check up bisa dilakukan dengan mengunjungi dokter di pusat kesehatan seperti rumah sakit atau klinik. Seseorang juga dapat langsung memeriksakan diri di laboratorium yang memiliki layanan kesehatan.
 
"Anda juga bisa medical check up secara mandiri di provider penyelenggara laboratorium atau peyedia. Tapi tentu alan lebih baik berremu dokter  terlebih dahulu agar tepat dan efisien," ungkapnya.
 
Meski demikian, dia menganjurkan masyarakat memeriksa diri di laboratorium yang sudah terakreditasi dengan baik. Ini untuk menghindari hal yang tidak diiginkan.
 
"Masyarakat bisa melihat apakah sudah dapat izin dari Kementerian Kesehatan serta terakreditas secara nasional," tandasnya.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif