Karena dibutuhkan dalam jumlah kecil, seringkali ibu hamil melewatkan kecukupan nutrisi mikro dalam menu makanan mereka. (Foto Ilustrasi: Garon Paceli/Pexels)
Karena dibutuhkan dalam jumlah kecil, seringkali ibu hamil melewatkan kecukupan nutrisi mikro dalam menu makanan mereka. (Foto Ilustrasi: Garon Paceli/Pexels)

Pentingnya Nutrisi Mikro untuk Ibu Hamil

Rona kehamilan
Dhaifurrakhman Abas • 18 Juli 2019 15:20
Pada masa kehamilan, ibu harus rajin mengonsumsi nutrisi mikro. Nutrisi mikro merupakan asupan seperti mineral, vitamin, asam folat, dan zat besi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Nutrisi mikro berfungsi untuk menjalankan tugas fisiologis.
 
Jakarta: Ibu perlu menerapkan berbagai persiapan sebelum memutuskan hamil. Salah satu persiapan ialah memastikan asupan gizi mikro terpenuhi pada seribu hari perkembangan janin.
 
Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Dr. dr. Ali Sungkar, SpOG (K), mengatakan hal ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Sebab asupan gizi mikro dapat memengaruhi tumbuh kembang dan kualitas hidup janin di masa depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Persiapan yang baik harus dilakukan pada masa kehamilan. Dimulai dari persiapan fisik hingga kecukupan nutrisi untuk mendukung janin tumbuh sehat dan menjadi generasi maju di masa depan," kata Ali, dalam acara SGM Bunda Dampingi Bunda Jalani Kehamilan dengan Sehat, Sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju.
 
Ali menuturkan, nutrisi mikro merupakan asupan seperti mineral, vitamin, asam folat, dan zat besi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Nutrisi mikro berfungsi untuk menjalankan tugas fisiologis.
 
Selain itu, nutrisi mikro juga dibutuhkan guna menyokong pertumbuhan janin dan bayi agar tidak mengalami stunting. Sayangnya, fakta di Indonesia menunjukkan 1 dari 2 ibu hamil tidak memenuhi asupan gizi mikro.
 
"Jika pada masa ini, ibu hamil kekurangan nutrisi mikro maka akan berdampak buruk bagi janin," sambung dia.
 
Ali mengatakan terdapat beberapa dampak negatif yang didapat pada bayi dan ibu hamil jika asupan gizi mikro tidak terpenuhi. Janin dan ibu rentan terserang kelainan plasenta, pendarahan saat melahirkan, bayi lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah dan bayi meninggal dalam kandungan.
 
Lebih lanjut, Ali menuturkan, asupan gizi mikro sering tak terpenuhi karena hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil. Akibatnya, kecukupan nutrisi mikro sering terabaikan dalam menu makanan ibu hamil.
 
"Karena dibutuhkan dalam jumlah kecil, seringkali ibu hamil melewatkan kecukupan nutrisi mikro dalam menu makanan mereka," tandasnya.
 

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif