Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mengonsumsi sushi. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mengonsumsi sushi. (Foto: Pexels.com)

Kesalahan-kesalahan Saat Mengonsumsi Sushi

Rona kesehatan
Raka Lestari • 03 Juni 2019 19:21
Alih-alih sehat, pilihan Anda dalam menyantap sushi bisa jadi malah menambah berat badan. Misalnya Anda menambah porsi sushi, memesan banyak tempura yang 60 persennya berasal dari minyak yang diserap sayuran. Atau mencelupkan sushi hingga semua berwarna kecoklatan dalam kecap asin sushi. Pilihan yang lebih sehat bisa Anda tunjuk sashimi atau alihkan pada sup atau saladnya setelah satu porsi sushi.
 

 
Jakarta: Sushi dianggap sebagai salah satu makanan sehat. Dengan menggunakan bahan-bahan yang segar dan kebanyakan masih mentah, sushi dianggap sehat karena proses yang digunakan dalam membuat kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat dalam bahan makanan masih terjaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun cara memakan sushi yang tidak tepat juga bisa membuat sushi yang seharusnya menjadi salah satu makanan sehat justru menjadi tidak sehat. Dikutip dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mengonsumsi sushi:

1. Menggunakan terlalu banyak kecap sushi/kecap asin

Anda mungkin suka membanjiri sushi yang sedang dimakan dengan kecap untuk sushi. Namun sayangnya, kecap tersebut bisa mengandung sodium yang cukup banyak.
 
Satu sendok makan kecap asin dapat mengandung 1.024 miligram sodium. The American Heart Association merekomendasikan untuk makan tidak lebih dari 2.400 mg sehari jika Anda mencoba menurunkan tekanan darah.
 
Kesalahan-kesalahan Saat Mengonsumsi Sushi
(Pilihan yang lebih sehat bisa Anda tunjuk sashimi atau alihkan pada sup atau saladnya setelah satu porsi sushi. Foto: Pexels.com)

2. Mengonsumsi terlalu banyak tempura

Tempura merupakan pilihan kurang sehat (jika Anda memang mengharapkan kesehatan sempurna dari makan sushi). Memesan tempura sayur dapat merusak manfaat dari sayuran tersebut. Ini karena 60 persennya berasal dari minyak yang diserap sayuran.

3. Anda selalu memesan spicy rolls

Anda mungkin menyukai spicy tuna rolls, namun jenis sushi ini biasanya dapat berpengaruh pada berat badan Anda. “Spicy” memiliki artian ikan yang sudah dicampur dengan satu sendok mayones dan sedikit saus pedas. Satu gulungan tuna spicy rolls bisa mengandung 290 kalori dan 11 gram lemak.

4. Tidak memerhatikan sajian per porsi

Sangat penting untuk memerhatikan ukuran makanan yang Anda pesan. Satu gulung tempura udang yang berisi enam hingga delapan potong, memiliki 508 kalori. Jika Anda memesan dua gulung, itu menambahkan hingga hampir 1.000 kalori. Sebaiknya, pesan satu porsi sashimi, sup, salad, atau sayuran rendah kalori lainnya untuk mneghindari kalori berlebih.

5. Sebaiknya memesan sashimi

Satu roll sushi berukuran sekitar satu cangkir nasi putih. Ini berarti terlalu banyak karbohidrat dan sedikit protein. Jika Anda memerhatikan asupan karbohidrat Anda, cobalah pesan sashimi. Satu porsi sashimi atau sekitar 4,5 ons tuna mengandung 25,9 gram protein. Selain itu, nasi biasanya disajikan sebagai pendamping sehingga Anda bisa lebih mengontrol porsi makanan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif