Lelah dapat membuat produktivitas menurun, perasaan jadi buruk, dan menghilangkan konsentrasi. (Ilustrasi/Pexels)
Lelah dapat membuat produktivitas menurun, perasaan jadi buruk, dan menghilangkan konsentrasi. (Ilustrasi/Pexels)

Cara Menghilangkan Lelah

Rona tidur
Kumara Anggita • 10 Desember 2019 13:09
Jakarta: Lelah dapat membuat produktivitas menurun, perasaan jadi buruk, dan menghilangkan konsentrasi. Hal ini bisa sangat mengganggu.
 
Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menyingkirkan rasa lelah tersebut. Berikut cara untuk menghilangkan rasa lelah yang dilansir dari huffpost.
 
Lebih banyak tidur

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan ketika Anda merasa lelah. Ahli Saraf, Dr. Brian Murray mengungkapkan Anda harus tidur  tujuh hingga sembilan jam setiap harinya.
 
Pastikan area tidur Anda nyaman
 
Tempat tidur yang nyaman dapat membuat Anda tertidur lelap. Pastikan tempat Anda sejuk, sunyi, gelap, dan nyaman  dan tentunya terjauh dari barang elektronik.
 
National Sleep Foundation menjelaskan bahwa komputer, ponsel, dan perangkat lain menekan pelatonin tubuh Anda, hormon yang merangsang tidur. Jadi tidak hanya membuat Anda lebih waspada, itu juga membuat Anda semakin sulit tertidur.
 
Berolahraga
 
Studi demi studi telah menemukan bahwa aktivitas fisik mampu membuat tidur terasa nyenyak. Karena itu, dari sekarang pastikan Anda lebih banyak berolahraga.
 
Seimbangkan diet
 
Penelitian telah menemukan bahwa diet buah-buahan, sayuran, protein rendah lemak dan susu cenderung mengarah ke tidur yang lebih baik. Pastikan Anda menerapkan diet yang paling tepat untuk tubuh Anda.
 
Konsultasi ke dokter
 
Bicaralah dengan dokter Anda tentang obat-obatan yang sedang Anda pakai. Jika Anda sedang dalam pengobatan yang membuat Anda mengantuk, bawalah ke dokter. Mereka mungkin menawarkan Anda versi yang membuat Anda tidak mengantuk, mengubah dosis Anda, atau mempertimbangkan untuk beralih ke yang lain.
 
Minum kopi
 
Minum kopi membantu sampai batas tertentu. “Beberapa cangkir kopi sehari dapat membantu meningkatkan  kewaspadaan, tetapi hanya bisa sejauh ini," kata Murray.
 
Namun, dia menegaskan bahwa kurang tidur Anda tidak bisa benar-benar diganti hanya oleh kopi saja. Kurang tidur harus diganti dengan tidur yang cukup.
 
Berdiri lebih sering
 
Murray menjelaskan, berdiri dapat membuat Anda dalam keadaan waspada. Hal ini akhirnya membuat Anda jadi tidak kantuk. "Perubahan postur tubuh memiliki dampak besar,” katanya.
 
Itulah beberapa cara untuk membuat Anda terjauh dari perasaan lelah. Anda tinggal memilih mana yang paling cocok dengan situasi Anda sekarang.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif