Manfaat Kesehatan dari Makanan Berbahan Dasar Kedelai

Raka Lestari 30 Mei 2018 07:38 WIB
kesehatan
Manfaat Kesehatan dari Makanan Berbahan Dasar Kedelai
Menurut seorang ahli gizi dari Harley Street, Rhiannon Lambert menjelaskan hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa kedelai adalah sumber protein yang baik. (Foto: Pixabay.com)
Jakarta: Banyak orang mengatakan bahwa makanan berbahan dasar kedelai atau soya foods memiliki banyak manfaat. Mulai dari susu kedelai dan miso, hingga tempe dan tahu memiliki banyak manfaat yang tentunya sudah tidak diragukan lagi. 

Kacang kedelai yang merupakan kacang-kacangan yang paling banyak dibudidayakan di dunia, telah lama dianggap sebagai bagian penting dari diet vegetarian dan vegan pada khususnya, yang digunakan untuk menciptakan alternatif pengganti dari daging dan susu.

Menurut seorang ahli gizi dari Harley Street, Rhiannon Lambert menjelaskan hal pertama yang harus diketahui adalah bahwa kedelai adalah sumber protein yang baik. "Kacang kedelai dikenal memiliki kandungan protein yang lengkap," ucap Lambert. 


"Tidak seperti kebanyakan protein nabati, kacang kedelai mengandung semua asam amino esensial yang harus kita peroleh dari makanan karena tidak dapat dibuat oleh tubuh. Secangkir kacang kedelai yang dimasak mengandung sekitar 22 gram protein, hampir sama dengan satu porsi steak," ujar Lambert. 

(Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kedelai Disebut Superfood)


(Tidak seperti kebanyakan protein nabati, kacang kedelai mengandung semua asam amino esensial yang harus kita peroleh dari makanan karena tidak dapat dibuat oleh tubuh. Foto: pixabay.com)

Lambert juga membahas mitos bahwa pria tidak boleh makan kedelai karena dianggap dapat membuat payudara pria menjadi tumbuh. "Ini tidak sepenuhnya benar. Kedelai mengandung nol estrogen dan tidak ada bukti yang menyebutkan bahwa kedelai mengganggu perkembangan seksual atau mengurangi tingkat testosteron pria."

Fitoestrogen adalah hormon tanaman yang juga ditemukan dalam biji kopi, apel, oat, lentil, beras, wortel, dan bir. "Bahkan, senyawa-senyawa dalam kedelai adalah antioksidan kuat dengan penelitian yang menunjukkan efek positif dalam melindungi terhadap penyakit," ujar Lambert.

Secara keseluruhan, Lambert percaya bahwa Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memasukkan produk kedelai ke dalam pola makan Anda jika Anda tidak menyukainya, tetapi Anda juga tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id