Tips Sarapan yang Tepat dan Mengenyangkan
Ahli gizi Charlotte Stirling-Reed membagikan enam tips untuk mengontrol porsi agar Anda tidak makan yang berlebihan sejak pagi hari. (Foto: Ivan Timov/Unsplash.com)
Jakarta: Anda mungkin kesulitan mendapatkan porsi yang tepat untuk sarapan. Label pada kemasan makanan bisa jadi membingungkan, terutama untuk makanan berupa sereal instan.

Memilih sarapan yang baik dan hati-hati dalam ukuran porsi, dapat memberikan perbedaan yang besar pada asupan kalori dan gula di pagi hari Anda.

Ahli gizi Charlotte Stirling-Reed membagikan enam tips untuk mengontrol porsi agar Anda tidak makan yang berlebihan sejak pagi hari.


(Baca juga: Karbohidrat Kompleks Baik Dikonsumsi saat Sarapan)

1. Gunakan mangkuk kecil
Jika Anda menggunakan mangkuk besar untuk sarapan dengan sereal, maka kemungkinan Anda akan lebih banyak makan daripada yang sebenarnya Anda butuhkan. Gunakan mangkuk kecil dan secara konsisten gunakan yang mangkuk yang sama setiap pagi untuk mengontrol porsi lebih mudah.


(Memilih sarapan yang baik dan hati-hati dalam ukuran porsi, dapat memberikan perbedaan yang besar pada asupan kalori dan gula di pagi hari Anda. Foto: Thought Catalogue/Unsplash.com)

2. Tambahkan beberapa protein
Cara terbaik untuk merasa kenyang lebih lama adalah menambahkan beberapa protein ke menu sarapan. Makanan seperti kacang, telur, salmon, kacang, biji-bijian atau mentega kacang dapat membantu Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan dan merasa kenyang cukup lama.

3. Gunakan tangan sebagai panduan
Ketika mengukur, terkadang Anda tidak menggunakan sendok takaran yang pas untuk membatasi diri dari jumlah makanan yang dikonsumsi. Anda bisa menggunakan tangan untuk dapat melihat seberapa banyak yang harus Anda makan. 

Gunakan telapak tangan untuk mengukur berapa banyak protein yang Anda butuhkan dan jempol Anda untuk mengukur lemak yang sehat. Ukuran kepalan tangan adalah porsi ideal untuk karbohidrat dan sayuran.

4. Makan perlahan
Banyak dari kita yang makan sarapan dengan terburu-buru. Duduk dengan tenang dan fokus pada makanan dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dan puas setelah makan.

5. Pilih jumlah gula yang rendah
Pilih sereal yang rendah gula dan tambahkan bahan lainnya untuk melengkapi nutrisinya.






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id