Gejala anak-anak yang menderita diabetes sama seperti orang dewasa dan muncul lebih dari beberapa minggu. (Foto: Janko Ferlic/Unsplash.com)
Gejala anak-anak yang menderita diabetes sama seperti orang dewasa dan muncul lebih dari beberapa minggu. (Foto: Janko Ferlic/Unsplash.com)

Kenali Gejala Diabetes pada Anak-anak

Rona diabetes
Torie Natalova • 13 Februari 2019 09:00
Jakarta: Diabetes tidak hanya diderita oleh orang dewasa, anak-anak juga dapat menderita diabetes. Diabetes tipe 1 adalah bentuk paling umum pada anak-anak. Hingga 95 persen anak-anak di bawah 16 tahunan menderita diabetes tipe 1.
 
Diabetes tipe 1 dikategorikan sebagai penyakit autoimun yakni suatu kondisi di mana sistem kekebalan tubuh 'menyerang' salah satu jaringan atau organ tubuh sendiri. Pada diabetes tipe 1, sel-sel penghasil insulin di pankreas dihancurkan. Sehingga, pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin.
 
Seperti orang dewasa, penyebab diabetes saat anak-anak mungkin melibatkan kombinasi gen dan lingkungan. Namun, mayoritas anak-anak yang mengembangkan diabetes tipe 1 tidak memiliki riwayat diabetes keluarga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari Netdoctor, gejala anak-anak yang menderita diabetes sama seperti orang dewasa dan muncul lebih dari beberapa minggu seperti, minum lebih banyak, sering buang air kecil hingga tengah malam, penurunan berat badan, kelelahan. 
 
Adapun gejala yang lebih khas pada anak-anak seperti sakit perut, sakit kepala, dan masalah perilaku.
 
Kenali Gejala Diabetes pada Anak-anak
(Seperti orang dewasa, penyebab diabetes saat anak-anak mungkin melibatkan kombinasi gen dan lingkungan. Foto: Sharon Garcia/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Fulki, Penyitas Diabetes Cilik yang Mandiri)
 
Memperhatikan pola makan, membatasi makanan tertentu, meningkatkan aktivitas hingga rutin mengukur gula darah anak dapat dilakukan orang tua yang memiliki anak diabetes.
 
Penting untuk memberi anak Anda makanan seimbang yang sehat, tinggi serat dan berkarbohidrat. Berapa banyak anak Anda harus makan tergantung pada usia dan berat badan. Rekomendasi diet harian untuk anak-anak dengan diabetes ssaat ini meliputi:
 
1. Makan utama tiga kali
2. Dua hingga tiga camilan
3. Seluruh keluarga makan makanan yang sama
 
Selain melakukan diet makanan, aktivitas fisik juga penting bagi anak-anak dengan diabetes. Kegiatan fisik dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, aktivitas fisik juga memengaruhi seberapa banyak anak Anda bisa makan. Sebelum olahraga atau latihan fisik, berikan roti, jus atau jenis karbohidrat lain.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif