cara terbaik untuk menyerap semua kebaikan dari bayam adalah dengan menikmatinya dalam smoothie atau jus.(Foto Ilustrasi: Shutterstock)
cara terbaik untuk menyerap semua kebaikan dari bayam adalah dengan menikmatinya dalam smoothie atau jus.(Foto Ilustrasi: Shutterstock)

Cara Terbaik Mengonsumsi Bayam

Rona kesehatan
Raka Lestari • 30 Desember 2018 18:05
Jakarta: Bayam sudah terkenal akan banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya. Namun mungkin Anda belum mengetahui cara terbaik dalam mengonsumsi bayam. 

Menurut penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah Food Chemistry, cara terbaik untuk menyerap semua kebaikan dari bayam adalah dengan menikmatinya dalam smoothie atau jus.

Para peneliti studi tersebut melihat bahwa cara penyajian yang berbeda akan berpengaruh pada banyaknya lutein, atau antioksidan yang ditemukan dalam sayuran hijau yang diserap oleh tubuh saat mengonsumsinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Terlepas dari metode memasak yang digunakan, para peneliti menemukan bahwa memanaskan bayam tampaknya secara signifikan mengurangi kandungan lutein pada bayam. Semakin lama dan lebih panas sayuran dimasak, semakin rendah tingkat antioksidannya.  Jadi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat lutein, sebaiknya mengonsumsi bayam dalam keadaan mentah.

"Yang terbaik adalah tidak memanaskan bayam sama sekali. Dan yang lebih baik lagi adalah membuat smoothie dan menambahkan lemak dari produk susu, seperti krim, susu atau yoghurt," kata Rosanna Chung, penulis utama studi tersebut.

"Ketika bayam dipotong-potong kecil-kecil, lebih banyak lutein dilepaskan dari daun bayam, dan lemak meningkatkan kelarutan lutein dalam cairan," tambahnya.

Menurut American Optometric Association, mengonsumsi banyak lutein sangat penting untuk menjaga mata Anda tetap sehat. Karena tubuh Anda secara alami tidak membuat cukup karotenoid.

Mengonsumsi makanan yang mengandung lutein penting untuk penglihatan yang tajam. Tidak ada aturan khusus berapa banyak lutein yang harus Anda makan per hari. Tetapi sebagian besar studi terbaru menunjukkan manfaat kesehatan dengan mengonsumsi 10 mg/hari suplemen lutein. Sebagai referensi satu cangkir bayam matang mengandung sekitar 20 gram antioksidan.

Recharge Tubuh Saat Travelling (1)



(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi