Meski menggunakan lipstik yang tahan berjam-jam, pelembap mampu melindungi kulit bibir dari kekeringan. (Foto: Pexels.com)
Meski menggunakan lipstik yang tahan berjam-jam, pelembap mampu melindungi kulit bibir dari kekeringan. (Foto: Pexels.com)

Kesalahan yang Bikin Bibir Pecah-pecah

Rona kesehatan kulit
Anda Nurlaila • 21 Maret 2019 07:59
Ada beberapa kebiasaan akan memperburuk kesehatan bibir, antara lain menjilati bibir, sering menggunakan lipstik, tidak menggunakan pelindung matahari, sampai karena konsumsi obat-obatan. Ahli bedah plastik wajah New York City Sam Rizk mengatakan kulit bibir sangat tipis dan tidak memiliki kelenjar minyak sehingga rentan kering. 
 

 
Jakarta:
Bibir kering dan pecah-pecah bukan sekedar mengurangi keindahan senyum tetapi juga bisa sangat menyakitkan. Kondisi seperti ini cenderung terjadi saat musim dingin, tetapi paparan sinar matahari juga dapat mengeringkan bibir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ahli bedah plastik wajah New York City Sam Rizk mengatakan kulit bibir sangat tipis dan tidak memiliki kelenjar minyak sehingga rentan kering. 
 
"Tepi bibir mungkin pecah dan mengelupas akibat cuaca, udara dingin, udara kering, udara dalam ruangan, atau paparan bahan kimia, dan dari obat-obatan tertentu," katanya. Reader's Digest menulis ada beberapa kebiasaan akan memperburuk kesehatan bibir, antara lain:

1. Menjilati bibir

Berbeda dengan harapan, air liur mengandung enzim yang akan mengeringkan dan mengiritasi kulit bibir. Pendiri dan direktur Sadick Dermatology di New York City Neil Sadick menganjurkan agar menghentikan kebiasaan tersebut dan gunakan pelembab bibir saat berkeinginan menjilat bibir. 

2. Sering naik pesawat

Udara di pesawat dapat menyebabkan dehidrasi karena udara pesawat memiliki kelembapan rendah dan uap air yang diserap kulit termasuk bibir membuat bibir pecah-pecah. Pastikan mengoleskan lipbalm dan minum banyak air selama penerbangan untuk menghidrasi bibir.

3. Penggunaan lipstik

Untuk mencegah bibir kering, selalu gunakan pelembap sebelum mengaplikasikan lipstik. Meski menggunakan lipstik yang tahan berjam-jam, pelembap mampu melindungi kulit bibir dari kekeringan. 
 
Kesalahan yang Bikin Bibir Pecah-pecah
(Gunakan pelembap. Meski menggunakan lipstik yang tahan berjam-jam, pelembap mampu melindungi kulit bibir dari kekeringan. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Pecinta Lipstik, Perhatikan Ini untuk Kesehatan Bibir Anda)

4. Pasta gigi yang salah 

Menyikat gigi secara teratur menjaga kebersihan mulut dan mencegah gigi berlubang. Tetapi pasta gigi yang salah akan mengiritasi bibir. Jika menduga pasta gigi penyebab bibir pecah-pecah dan kering, ganti dengan merek pasta gigi lainnya. 

5. Lip balm pilihan

Sesuai fungsinya, lip balm sebaiknya mengandung bahan pelembab seperti cocoa butter, atau oatmel koloid yang mencegah kekeringan pada bibir. Hindari lip balm yang mengandung bahan penyebab bibir kering seperti wewangian buatan.

6. Gemar mandi air panas

"Air panas menyapu minyak pelindung kulit, membuatnya kering, kencang, dan gatal,” kata Sadick. Pilih air suam kuku saat mandi untuk menghindari kulit menjadi kering.

7. Tidak menggunakan pelindung matahari

Seperti halnya kulit, bibir juga perlu perlindungan dari sinar UV. Gunakan pelembap dan emolien yang saat di dalam ruangan. Jika berada di luar oleskan tabir surya yang mengandung SPF 30 ke bibir. 

8. Kebiasaan bernapas dengan mulut

Selain kurang minum, bibir kering juga bisa disebabkan pernapasan melalui mulut. Jika hidung tersumbat saat pilek, gunakan semprotan garam hidung untuk menjaga saluran hidung bersih. Gunakan pelembap udara saat tidur untuk mengurangi kekeringan di udara.

9. Konsumsi obat-obatan 

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan mulut kering, itu dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Menurut Mayo Clinic, obat bebas atau yang diresepkan termasuk anti-depresi, antihistamin, obat anti-kecemasan, dekongestan, pelemas otot, dan obat penghilang rasa sakit dapat mengeringkan mulut dan bibir. 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif