Jika Anda merasa haus terus-menerus bisa jadi disebabkan karena diabetes. (Ilustrasi/Pexels)
Jika Anda merasa haus terus-menerus bisa jadi disebabkan karena diabetes. (Ilustrasi/Pexels)

Alasan Mengapa Anda Selalu Merasa Haus

Rona diabetes
Raka Lestari • 07 Juli 2020 06:04
Jakarta: Penting sekali untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air setiap harinya, terutama ketika Anda merasa haus. Namun apa jadinya jika Anda selalu merasa haus terus menerus? Dan ternyata hal ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan potensial dan sebaiknya Anda melakukan pengecekan ke dokter.
 
Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin membuat Anda selalu merasa haus secara terus menerus, seperti dilansir Refinery29.

Diabetes

Menurut Erica Hall, praktisi perawat endokrinologi dan pendidik diabetes bersertifikat di Johns Hopkins School of Medicine, jika Anda merasa haus terus-menerus bisa jadi itu disebabkan karena diabetes. “Ketika kadar insulin rendah, glukosa tidak bisa dicerna dan terjadi penumpukan pada aliran darah,” jelas Hall.
 
“Ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaring jumlah glukosa yang berlebihan ini,”katanya. Ia juga menambahkan, kelebihan glukosa diekskresikan ke dalam urin dan ginjal juga membawa cairan dari sel yang membuat Anda dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi. "ia memicu respons haus,” terangnya.

Dehidrasi 

Jelas sekali bahwa dehidrasi menyebabkan rasa haus. Jika Anda merasa haus, cobalah untuk minum lebih banyak. Menurut National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine, setiap orang membutuhkan 11,5 – 15,5 cangkir air setiap hari termasuk juga makanan yang mengandung banyak air seperti semangka atau seledri. Namun pada cuaca panas, berolahraga, minum alkohol, dan mengalami diare bisa menyebabkan Anda dehidrasi sehingga membutuhkan air lebih banyak dari biasanya.

Mulut kering

Usia, kondisi kesehatan, dan beberapa jenis obat dapat menghilangkan kelembapan pada mulut Anda. Selain itu, bernapas melalui mulut Anda dan mengorok juga dapat berkontribusi membuat mulut kering yang pada akhirnya membuat Anda merasa haus terus-menerus. Jika Anda curiga terhadap ini, bisa menggunakan mouthwash dan berkumur untuk mengatasi kondisi ini.

Anemia 

Kondisi anemia terjadi karena adanya kekurangan sel darah merah sehat pada tubuh, yang biasanya terjadi karena rendahnya kandungan zat besi pada tubuh. Sel darah merah mengangkut oksigen ke organ tubuh, sehingga kekurangan sel darah merah bisa membuat Anda lemas dan lelah. Anemia juga pada akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pada pasien anemia, mengunyah es batu dapat meningkatkan oksigen dalam otak sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan,” ujar Melissa Hunt, PhD, direktur asosiasi pelatihan klinis di Departemen Psikologi di University of Pennsylvania.
 
 
 

(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif