Benarkah melakukan hubungan seks antara suami dan istri di trimester akhir baik untuk proses melahirkan? Simak jawaban dokter obgyn berikut ini. (Foto: Pexels.com)
Benarkah melakukan hubungan seks antara suami dan istri di trimester akhir baik untuk proses melahirkan? Simak jawaban dokter obgyn berikut ini. (Foto: Pexels.com)

Seks Saat Hamil, Perlancar Persalinan?

Rona kehamilan seks dan kesehatan
Sunnaholomi Halakrispen • 09 Agustus 2020 18:16
Jakarta: Mungkin Anda pernah mendengar kabar bahwa pasangan suami istri yang berhubungan seks saat istri sedang hamil bisa membantu memperlancar persalinan nantinya. Apakah hal yang kerap kali disebut dengan istilah 'sering ditengokin' itu benar?
 
"Istilahnya sering 'ditengokin' itu disarankan dokter, tetapi saat memasuki usia persalinan," ujar dr. Ni Komang Yeni Dhana Sari, Sp.OG dalam Ngobrol Asyik Medcom.id.
 
Pasangan suami istri perlu memperhatikan usia kehamilan sang istri. Apabila berdasarkan taksiran, usia melahirkan biasanya di usia kehamilan 40 minggu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maka, kata dr. Yeni, mungkin di usia 37 minggu sudah mulai disarankan melakukan hubungan seksual. Akan tetapi, tidak rutin setiap saat atau dengan kata lain bisa dalam dua hari sekali.
 
"Tetapi harus dipastikan ibunya nyaman ya. Karena di usia kehamilan sembilan bulan biasanya ibunya susah bergerak, engap, mudah lelah, dan sebagainya," tuturnya.
 
"Itu tujuannya untuk merangsang munculnya pematangan mulut rahim karena memang pada sperma itu mengandung prostaglandin," paparnya.
 
Ia menjelaskan, zat tersebut bermanfaat dalam membuat pelunakan mulut rahim yang kemudian bisa merangsang timbulnya kontraksi pada ibu hamil. Maka dari itu, biasanya dianjurkan menjelang ibu melahirkan.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif