Gejala keracunan makanan dan flu perut sangat mirip sehingga pasien salah mengatasi dan mengobatinya. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Unsplash.com)
Gejala keracunan makanan dan flu perut sangat mirip sehingga pasien salah mengatasi dan mengobatinya. (Foto Ilustrasi: Rawpixel/Unsplash.com)

Ini Beda Keracunan Makanan dengan Flu Perut

Rona kesehatan
Torie Natalova • 23 Desember 2018 14:11
Jakarta: Keracunan makanan dan flu perut sangat umum terjadi, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Gejala keduanya sangat mirip sehingga pasien salah mengatasi dan mengobatinya.
 
Keracunan makanan adalah penyakit yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan sudah basi atau terkontaminasi dengan racun.
 
Sumber kontaminasi ini sulit ditentukan karena ada banyak bakteri dan virus yang dapat menyebabkan keracunan makanan dengan berbagai cara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Flu perut merupakan penyakit perut jangka pendek dari penyebab infeksi yang dikaitkan dengan virus seperti norovirus dan rotavirus yang menyerang usus. Rotavirus seringkali memengaruhi anak-anak. Ini terjadi ketika orang yang terinfeksi tidak mencuci tangan dengan rutin atau berjabat tangan dengan orang lain.
 
Gejala kedua penyakit ini sangat mirip seperti mual, muntah, diare, sakit perut, kram perut, dan demam ringan. Namun, flu perut cenderung lebih sering mual dan muntah, sedangkan keracunan makanan menyebabkan penderita lebih banyak mengalami diare.
 
Keracunan makanan biasanya muncul dengan cepat atau beberapa jam setelah Anda makan makanan yang terkontaminasi dan gejalanya berlangsung 1-3 hari. Flu perut cenderung lebih lambat karena virus butuh waktu untuk menginfeksi tubuh Anda sekitar 1-2 hari.
 
Anak-anak, orang tua, wanita hamil, orang dengan sistem kekebalan yang terganggu atau memiliki masalah medis harus segera menemui dokter jika mengalami dehidrasi, darah dalam tinja, demam tinggi, muntah lebih dari 24 jam, diare lebih dari 3 hari.
 
Anak Sehat Produksi ASI Meningkat

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif