Menurut dr. Bhanu, Sp.PD, B.Med.Sc. selaku dokter spesialis penyakit dalam mengatakan sejalan dengan keterangan dari Kemenkes RI, asupan gula yang dianjurkan adalah 50 gram. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)
Menurut dr. Bhanu, Sp.PD, B.Med.Sc. selaku dokter spesialis penyakit dalam mengatakan sejalan dengan keterangan dari Kemenkes RI, asupan gula yang dianjurkan adalah 50 gram. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Tips Membatasi Asupan Gula bagi Penderita Diabetes

Rona diabetes
Raka Lestari • 25 April 2019 10:00
Menurut dr. Bhanu, Sp.PD, B.Med.Sc. selaku dokter spesialis penyakit dalam mengatakan sejalan dengan keterangan dari Kemenkes RI, asupan gula yang dianjurkan adalah 50 gram atau setara dengan empat sendok makan per hari. Ia juga menyarankan untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah agar tetap sehat.
 

 
Jakarta:
Asupan gula pada penderita diabetes adalah hal yang sangat perlu diperhatikan. Namun sayangnya, gaya hidup dan faktor lingkungan membuat para penderita diabetes menemukan kesulitan dalam membatasi asupan gula sehingga asupan gula yang tidak terkendali tersebut bisa memperparah diabetes yang dialami tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dr. Bhanu, Sp.PD, B.Med.Sc. selaku dokter spesialis penyakit dalam menjelaskan ketidakmampuan penderita diabetes melakukan metabolisme gula dengan baik, dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh lainnya yang akhirnya berujung pada berbagai macam komplikasi.
 
"Hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes, sehingga usaha preventif dilakukan sedini mungkin, salah satunya dengan mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh," katanya.
 
Menurut dr. Bhanu, cara-cara yang bisa dilakukan untuk membatasi asupan gula di antaranya adalah membatasi makanan, kenali tubuh Anda, dan pilih makanan yang sehat.
 
(Baca juga: Penderita Diabetes Berikan Dampak Baik Terhadap Keluarga?)
 
Tips Membatasi Asupan Gula bagi Penderita Diabetes
(Acara peluncuran Web Series “Janji” oleh Tropicana Slim, di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2019. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)
 
Dan yang terpenting adalah untuk berusaha memertahankan berat badan tubuh yang ideal. Ia juga menambahkan, jika Anda ingin memiliki hidup sehat harus memiliki komitmen dan motivasi yang kuat.
 
“Menurut Kemenkes RI, asupan gula yang dianjurkan adalah 50 gram atau setara dengan empat sendok makan per hari. Selain itu, untuk masyarakat yang ingin tetap merasakan manis tanpa takut kelebihan kalori bisa memilih pemanis rendah kalori sebagai pilihan,” ujar dr. Bhanu di acara peluncuran Web Series “Janji” oleh Tropicana Slim, di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2019.  
 
Namun jika Anda memiliki aktivitas yang tinggi dan merasa kesulitan untuk memilih atau membatasi asupan gula harian, dr. Bhanu menyarankan untuk membawa bekal makanan sendiri dari rumah.
 
“Makanan sekarang rata-rata tidak sehat, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan makanan dari rumah. Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga. Atur pula makanan yang dikonsumsi dan sesuaikan dengan makanan yang kita suka."
 
"Karena terkadang banyak orang yang mengalami diabetes merasa depresi karena makanan yang dikonsumsi sangat terbatas seperti terpenjara. Padahal sebenarnya, tidak perlu seperti itu. Anda masih tetap bisa makan sesuai dengan keinginan,” tutup dr. Bhanu.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif