Sebuah studi pada 2017 di Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa anjing unggul dalam membaca isyarat sosial manusia, termasuk isyarat wajah. (Ilustrasi/Pexels)
Sebuah studi pada 2017 di Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa anjing unggul dalam membaca isyarat sosial manusia, termasuk isyarat wajah. (Ilustrasi/Pexels)

Interaski Positif dengan Anjing Bisa Mengurangi Stres

Rona anjing
Kumara Anggita • 05 Agustus 2020 07:32
Jakarta: Saat ini banyak sekali orang yang mengalami stres. Bila Anda salah satu yang sedang menghadapi hal yang serupa, mungkin Anda bisa mencoba untuk berinteraksi dengan anjing.
 
Dilansir dari The Healthy, interaksi positif dengan anjing bisa mengurangi stres. "Interaksi manusia ke anjing yang positif telah diamati untuk menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan kadar oksitosin tidak hanya pada manusia tetapi juga pada anjing itu sendiri,” kata Marta Borgi, rekan penulis studi  di Frontiers in Psychology dan penelitian di Center for Behavioral Sciences.
 
Interaksi paling sederhana yang bisa Anda coba adalah dengan hanya menatap mata anjing Anda. Sebuah studi pada 2017 di Frontiers in Psychology menunjukkan bahwa anjing unggul dalam membaca isyarat sosial manusia, termasuk isyarat wajah. Mereka membedakan ekspresi dengan melihat mata manusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada sejumlah penelitian yang mengaitkan  oksitosin (hormon yang terkait dengan cinta, kemelekatan, dan kepercayaan) dengan pandangan mata. Hormon ini tentunya akan membuat Anda merasa lebih baik. Oleh karena itu, Compitus mengatakan  bahwa berinteraksi dengan hewan telah terbukti bisa menurunkan stres Anda.
 
Jadi bila stres Anda kali ini tak bisa diatasi, coba lebih banyak berikan waktu untuk bermain dengan anjing. Ini akan baik untuk Anda dan juga anjing itu sendiri.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif