Dikutip dari Medical News Today, salah satu sumber protein nabati terbaik ialah buncis. (Ilustrasi/Pexels)
Dikutip dari Medical News Today, salah satu sumber protein nabati terbaik ialah buncis. (Ilustrasi/Pexels)

Sumber Protein Nabati Terbaik

Rona protein
Sunnaholomi Halakrispen • 03 Juli 2020 12:08
Jakarta: Kian hari, semakin banyak orang tertarik mengikuti diet vegetarian atau vegan atau mengurangi penggunaan produk hewani. Pergeseran dari produk hewani menjadi lebih mudah dengan lebih banyak makanan nabati yang bergizi.
 
Seseorang dapat mencoba pola makan vegan untuk alasan kesehatan, kesejahteraan hewan, atau alasan agama. Pada 2016, Academy of Nutrition and Dietetics menyatakan bahwa pola makan vegetarian atau vegan dapat menyediakan semua kebutuhan nutrisi orang dewasa, anak-anak, dan mereka yang sedang hamil atau menyusui.
 
Meski begitu, mendapatkan cukup protein dan vitamin serta mineral bisa lebih sulit bagi orang yang tidak makan daging atau produk hewani. Seseorang harus membuat strategi untuk memastikan mereka mendapatkan cukup protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B-12, yang didapat orang-orang yang melakukan diet omnivora dari produk hewani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Medical News Today, salah satu sumber protein nabati terbaik ialah buncis. Kacang buncis yang dimasak mengandung protein tinggi, mengandung sekitar 7,25 gram per ½ gelas.
Buncis dapat dimakan saat panas atau dingin.
 
Sayuran ini sangat fleksibel dengan banyaknya resep yang tersedia secara online yang bisa Anda gunakan untuk mengolah buncis. Misalnya, dimasak tumis, ditambahkan ke semur dan kari, atau dibumbui dengan paprika dan dipanggang dalam oven.
 
Anda juga dapat menambahkan hummus yang terbuat dari pasta buncis, ke roti lapis. Cara ini sebagai alternatif mentega yang kaya protein dan menyehatkan.
 
Sumber protein nabati selanjutnya adalah almond, yang menawarkan 16,5 gram protein per ½ gelas. Almond juga menyediakan vitamin E dalam jumlah yang baik, yang sangat bagus untuk kulit dan mata.
 
Kemudian, ada biji chia. Ini adalah makanan rendah kalori yang kaya serat dan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung. Biji chia merupakan sumber protein lengkap yang mengandung 2 gram protein per sendok makan.
 
Cobalah menambahkan biji chia ke dalam smoothie atau ditaburkan di atas yogurt nabati. Cara lain menikmati biji chia ialah dengan memasukkannya di dalam air atau susu almond untuk membuat puding.
 
Terakhir, kentang. Jika kentang besar dipanggang, memberikan manfaat 8 gram protein per sajian. Kentang juga kaya akan nutrisi lain, seperti potasium dan vitamin C.
 
Apabila Anda ingin membuat camilan beraroma yang lebih sehat, tambahkan dua sendok makan hummus ke kentang. Cara ini efektif untuk meningkatkan kandungan protein, dibandingkan memasukkan mentega ke kentang. Sebab, dua sendok makan hummus mengandung sekitar 3 gram protein.
 

 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif