NEWSTICKER
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin, dan Reproduksi RS Pondok Indah, Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, M.sc (Foto: Kumara/Medcom.id)
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin, dan Reproduksi RS Pondok Indah, Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, M.sc (Foto: Kumara/Medcom.id)

Mengenal Endometriosis dan Beberapa Faktornya

Rona kesehatan
Kumara Anggita • 14 Februari 2020 18:13
Jakarta: Endometriosis adalah sebuah radang yang disebabkan oleh hormon estrogen. Hal ini membuat pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah sehingga akan timbul sakit pada bagian pelvis.
 
Endometriosis terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya, faktor gaya hidup yang juga berkontribusi.
 
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin, dan Reproduksi RS Pondok Indah, Dr. dr. Kanadi Sumapraja, Sp. OG-KFER, M.sc menyebutkan bahwa, endometriosis bisa terjadi karena beberapa hal. Misalnya sewaktu lahir, bayi pernah mengalami menstruasi yang diakibatkan oleh stres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu, endometriosis juga terjadi karena kondisi dinding rahim yang tidak biasa. Penelitian dinding rahim penderita Endometriosis ternyata spesial. Dinding rahimnya agak susah matinya. sehingga sudah tumpah ke rongga perut, tidak mati-mati. Ada banyak faktor berperan,” jelasnya.
 
Selanjutnya, gaya hidup juga berperan. Orang dengan obesitas memiliki risiko besar terkena endometriosis karena kaitannya dengan gangguan hormon.
 
“Orang dengan obesitas akan menimbulkan gangguan menstruasi. Gangguan menstruasi menyebabkan gangguan keseimbangan hormonal. Maka gangguan ini akan menyebabkan badan si perempuan itu lebih banyak terkena dengan estrogen. Itulah yang menjadi cikal bakal endometriosis karena berhubungan dengan ekstrogen,” terang Dokter Kanadi.
 
Untuk mengurangi faktor risiko yang bisa diubah, Anda harus mengubah gaya hidup Anda menjdi sehat. Pastikan Anda berolahraga dan makan-makanan yang bagus. Jangan sampai Anda obesitas.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif