Pada masa kehamilan, beberapa wanita juga mungkin akan merasakan bahwa tubuhnya menjadi lebih rentan sakit dibandingkan biasanya. (Ilustrasi/Pexels)
Pada masa kehamilan, beberapa wanita juga mungkin akan merasakan bahwa tubuhnya menjadi lebih rentan sakit dibandingkan biasanya. (Ilustrasi/Pexels)

Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Anda Menurun saat Hamil

Rona kehamilan
Raka Lestari • 06 Februari 2020 17:02
Jakarta: Mengandung tentunya akan memberi perubahan yang cukup besar bagi tubuh. Pada masa kehamilan, beberapa wanita juga mungkin akan merasakan bahwa tubuhnya menjadi lebih rentan sakit dibandingkan biasanya.
 
Itulah mengapa bagi wanita hamil, penting sekali untuk memilih makanan yang tepat. Penting juga mengetahui tanda-tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tidak sedang dalam keadaan optimal pada saat hamil.
 
Berikut ini adalah beberapa gejala yang menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang tidak maksimal ketika Anda mengandung, seperti dilansir romper:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hidung Tersumbat / Batuk
 
Baik itu sedang hamil atau tidak, hidung yang tersumbat atau batuk merupakan pertanda yang cukup jelas. Namun intensitas gejalanya mungkin akan meningkat saat hamil.
 
“Anda mungkin mengalami onset gejala yang lebih parah atau lebih cepat karena sistem kekebalan tubuh Anda melemah karena selain menjaga tubuh tetapi juga menjaga janin Anda juga,” ujar Dr Reene Wellenstein, seorang dokter ahli kandungan.
 
Kontraksi rahim 
 
Jika Anda merasakan adanya kram pada rahim, padahal belum mendekati tanggal kelahiran mungkin itu disebabkan karena penyakit tertentu. “Setelah Anda terkena suatu penyakit  karena sistem kekebalan yang melemah, Anda mungkin mulai merasakan kontraksi rahim atau kram,” jelas Dr Wellenstein. “Namun pada umumnya tidak mengarah pada pendarahan atau bercak vagina.”
 
Dehidrasi 
 
Wanita hamil sebaiknya minum sebanyak 8-10 gelas air setiap hari. Kurang minum air putih dapat menyebabkan masalah yang lebih serius selama kehamilan dan dapat menyebabkan masalah lain.
 
“Dehidrasi dalam kehamilan lebih sering terjadi jika seorang wanita mengalami demam, mual, atau muntah dan diare,” kata Dr Wellenstein. "Itu akan membuatnya lebih rentan mengalami pusing, pening, dan kontraksi uterus," terangnya.
 
Asam lambung 
 
Pada saat hamil, penting sekali untuk makan secara teratur untuk mencegah masalah asam lambung. Jika Anda mengalami peningkatan masalah dengan naiknya asam lambung, itu mungkin pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda menurun.
 
"Di antara menurunnya kekebalan tubuh Anda dan terutama perubahan fisiologis dalam kehamilan, bisa juga meningkatkan kemungkinan Anda terkena beberapa kondisi seperti refluks asam,” ujar Dr Paualmi Guha, seorang dokter kandungan.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif