Jika Anda mengalami sesak napas tetapi biasanya Anda merasa baik-baik saja, ia merekomendasikan untuk memanggil dokter perawatan primer Anda. (Ilustrasi/Pexels)
Jika Anda mengalami sesak napas tetapi biasanya Anda merasa baik-baik saja, ia merekomendasikan untuk memanggil dokter perawatan primer Anda. (Ilustrasi/Pexels)

Kapan Sebaiknya Anda ke Rumah Sakit ketika Sesak Napas?

Rona Virus Korona Coronavirus covid-19
Kumara Anggita • 26 Maret 2020 18:07
Jakarta: Salah satu gejala yang umumnya ditunjukan oleh orang yang terkena covid-19  adalah sesak napas. Namun sesak napas macam apa yang membuat Anda perlu untuk ke rumah sakit di masa genting ini?
 
Berikut penjelasannya dari Prevention.
 
Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menentukan apakah Anda mengalami sesak napas atau tidak. Berikut caranya:

Melihat seberapa baik Anda bisa bernapas ketika Anda berbicara. 

"Ketika saya memiliki seorang pasien yang tidak dapat merangkai beberapa kata tanpa mengambil napas, saya khawatir mereka mengalami sesak napas," kata Kathryn A. Boling, M.D., seorang dokter perawatan primer di Baltimore's Mercy Medical Center.

Lihat apakah ketika sedang rileks Anda sesak atau tidak

“Juga, jika Anda hanya duduk-duduk, menonton TV, dan Anda merasa seperti tidak bisa mendapatkan udara yang cukup, Anda mungkin mengalami sesak napas,” ujarnya.

Lihat apakah ketika melakukan aktivitas sederhana Anda sesak 

Purvi Parikh, M.D., seorang ahli alergi dengan Alergi & Jaringan Asma menambahkan, hal yang sama berlaku jika Anda biasanya dapat berjalan di sekitar tempat Anda atau melakukan tugas-tugas tanpa masalah dan tiba-tiba sekarang perlu menarik napas sebelum dan saat mengerjakannya.

Kapan harus ke rumah sakit?

Saat ini, bukan ide yang baik untuk datang ke rumah sakit dalam situasi yang tidak darurat. Ini karena "Anda dapat terpapar coronavirus di rumah sakit," ungkap Dr. Boling.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika Anda mengalami sesak napas tetapi biasanya Anda merasa baik-baik saja, ia merekomendasikan untuk memanggil dokter perawatan primer Anda untuk membahas gejala Anda. Ini benar bahkan jika Anda berpikir Anda memiliki COVID-19, karena sangat penting untuk mencoba membantu mencegah penyebaran virus ke orang lain.
 
Anda hanya dapat memenuhi syarat untuk tes covid-19 jika Anda merasakan gejala lain yang berhubungan dengan penyakit di samping sesak napas, seperti demam, batuk kering, produksi dahak, atau sakit tenggorokan. Ini terutama benar jika Anda telah bepergian ke suatu daerah dengan jumlah kasus yang tinggi atau telah melakukan kontak langsung dengan seseorang yang telah didiagnosis dengan covid-19.
 
Purvi Parikh, M.D., seorang ahli alergi dengan Alergi & Jaringan Asma  mengatakan Anda harus memanggil dokter Anda secepat mungkin atau pergi ke ruang membuat Anda
 
- Nyeri dada atau sesak
 
- Desah
 
- Bibir membiru
 
- Merasa pusing
 
- Merasa seperti Anda tidak bisa mendapatkan udara yang cukup
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif