NEWSTICKER
Virus dapat dihilangkan dengan bahan-bahan yang memiliki sifat surfaktan (alias apa pun yang berbusa). (Foto: Pexels.com)
Virus dapat dihilangkan dengan bahan-bahan yang memiliki sifat surfaktan (alias apa pun yang berbusa). (Foto: Pexels.com)

Perlukah Mandi Lebih Sering untuk Mencegah Covid-19?

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Raka Lestari • 18 Maret 2020 18:58
Jakarta: Mencuci tangan selama 20 detik sangat dianjurkan untuk mencegah penyebaran covid-19 yang saat ini menjadi salah satu wabah yang cukup mengerikan.
 
Mencuci tangan dengan sabun dan air terbukti efektif untuk membunuh virus, yang sangat penting untuk mencegah penyebaran covid-19.
 
Akan tetapi, apakah kita juga perlu mandi lebih sering dari biasanya untuk mencegah penyebaran virus tersebut juga?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jika ada area di tubuh Anda yang cenderung terdapat droplets pernapasan selain tangan, Anda mungkin perlu menggosoknya lebih sering tetapi selain itu tidak dibutuhkan terlalu banyak fokus untuk mandi,” ujar Jason Tetro, seorang ahli mikrobiologi dan penulis The Germ Files. 
 
“Jadi, jika Anda menggunakan lengan Anda untuk menutup mulut ketika bersin, Anda mungkin perlu sering membersihkan bagian siku dan lengan. Tetapi Anda tidak perlu menggosok bagian bawah kaki Anda lebih dari biasanya.”
 
Namun, dokter kulit bersertifikat Joshua Zeichner, MD, merekomendasikan bahwa Anda harus mandi setiap hari, dan menggunakan sabun pada seluruh tubuh daripada hanya pada bagian-bagian tertentu seperti kaki atau lengan Anda serta mencuci rambut setiap hari.
 
"Kita tahu bahwa virus dapat hidup di lingkungan yang lembap di kulit untuk waktu yang singkat, ini mungkin termasuk rambut," katanya. 
 
Dengan kata lain, lebih baik mencegah daripada mengobati karena virus dapat dihilangkan dengan bahan-bahan yang memiliki sifat surfaktan (alias apa pun yang berbusa) seperti sabun dan sampo Anda.
 
Perubahan besar lainnya yang perlu Anda lakukan pada rutinitas mandi Anda adalah dengan memastikan bahwa botol yang Anda simpan di kamar mandi dibersihkan secara teratur. 
 
“Jika Anda menggunakan sabun atau sampo dan digunakan bersama orang lain, pastikan Anda mencucinya dengan sabun dan air sebelum digunakan oleh orang lain,” ujar Teatro. 
 
Ia menambahkan bahwa hal tersebut adalah cara yang mudah untuk memastikan Anda tidak menularkan virus kepada orang lain yang mungkin menggunakan kamar mandi yang sama.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif