Ketika Anda tidak mandi selama berhari-hari, itu hanya akan membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap bakteri jahat. (Foto: Pixabay)
Ketika Anda tidak mandi selama berhari-hari, itu hanya akan membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap bakteri jahat. (Foto: Pixabay)

Beberapa Dampak Negatif Tidak Mandi Berhari-hari

Rona tips kesehatan
Raka Lestari • 01 Juli 2019 08:12
Jakarta: Setelah melakukan aktivitas seharian, hal pertama yang paling ingin dilakukan biasanya adalah langsung beristirahat. Mandi terkadang menjadi hal yang paling malas dilakukan.
 
Namun sebenarnya, tidak mandi apalagi sampai berhari-hari bukan hanya membuat tubuh Anda kotor, tetapi juga dapat memiliki dampak negatif lainnya.
 
Berikut ini adalah beberapa hal yang akan terjadi pada tubuh Anda. Jika tidak mandi selama beberapa hari:

Tubuh Anda dapat mengandung bakteri jahat

Ketika Anda tidak mandi selama berhari-hari, itu hanya akan membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap bakteri jahat. Dr Aishah Muhammad, MD menjelaskan kalau kita semua terpapar sejumlah bakteri setiap harinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan tidak mandi, bakteri tersebut akan tetap berada di kulit Anda dan membuat Anda berisiko terkena berbagai jenis infeksi termasuk infeksi kulit dan dada," terangnya.

Anda bisa terkena pilek

Bakteri jahat yang ada dalam tubuh Anda dapat masuk ke dalam hidung, mulut, dan mata. Sehingga menyebabkan Anda sakit.
 
Ketika mandi, Anda akan membersihkan kotoran tersebut yang Anda dapatkan selama melakukan aktivitas. Termasuk bakteri jahat yang dapat membuat Anda sakit.
 
"Dengan tidak mandi, Anda lebih mungkin memiliki sejumlah bakteri di tangan dan muka. Ini menempatkan Anda pada risiko terkena pilek atau infeksi," ujar Dr Muhammad.

Jerawat akan muncul

Ketika Anda tidak mandi secara teratur, kulit Anda bisa menjadi berminyak dan berkeringat yang menyebabkan jerawat. Sebum (lemak yang dihasilkan oleh kelenjar lemak kulit) yang diproduksi oleh kulit menumpuk ketika Anda tidak mandi.
 
"Ini, bersama dengan bakteri yang hidup di kulit, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat kecil-kecil," terangnya.
 
Meskipun mencuci wajah Anda di awal dan akhir hari dapat membantu melindungi wajah Anda dari jerawat, mandi dapat membantu memastikan bahwa Anda juga tidak memiliki jerawat di tubuh Anda.
 

Menyebabkan bau badan

Fakta yang sedikit diketahui, bau badan bukan disebabkan oleh keringat, tetapi sebenarnya hasil dari bakteri yang mengeluarkan gas. Bau badan itu muncul karena mengonsumsi protein tubuh dan asam lemak.
 
"Bau badan terbentuk secara alami sebagai akibat bakteri pada kulit yang memecah keringat menjadi asam. Dengan tidak mandi sambil terus berkeringat, bau badan akan semakin buruk," Dr Muhammad menjelaskan.

Membuat kulit menjadi kering

Jika Anda menderita kondisi kulit seperti eksim, mandi secara teratur dapat membantu mencegah kondisi itu. Kulit mati dan lemak secara alami berkumpul di lapisan atas kulit.
 
"Dengan tidak mandi, penumpukan ini dapat membuat kulit Anda terasa gatal dan kering," kata Dr Muhammad.
 
Ia juga memperingatkan masalah kulit yang bisa Anda alami jika terus menunda mandi. Dermatitis Neglecta adalah kondisi kulit langka yang dapat berkembang sebagai akibat dari tidak menjaga kebersihan di mana sel-sel kulit mati menumpuk dan menyebabkan bercak pada kulit.
 
Waspada Penyakit Sinusitis

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif