Ketika turun hujan lebat atau hujan yang tiada henti selama berjam-jam, bawalah bekal di dalam tas emergency sebelum Anda bepergian ke suatu tempat.. (Ilustrasi/Pexels)
Ketika turun hujan lebat atau hujan yang tiada henti selama berjam-jam, bawalah bekal di dalam tas emergency sebelum Anda bepergian ke suatu tempat.. (Ilustrasi/Pexels)

Pentingnya Rencana Tas Emergency saat Banjir Tiba

Rona tips saat banjir
Sunnaholomi Halakrispen • 04 Januari 2020 11:04
Jakarta: Air banjir yang meluap dari berbagai penampungan, mengalir ke jalan hingga masuk ke rumah dan gedung perkantoran. Ketika terjebak banjir, sulit untuk pergi berpindah ke tempat lain.
 
Seperti dilansir flash, sebelum Anda terjebak dan tak bisa ke mana pun, persiapkanlah diri. Ketika turun hujan lebat atau hujan yang tiada henti selama berjam-jam, bawalah bekal di dalam tas emergency sebelum Anda bepergian ke suatu tempat.
 
Sebab, ketika banjir datang, hanya ada dua pilihan bagi Anda. Yakni, Anda tetap di dalam rumah maupun gedung lain, atau Anda berpindah ke tempat pengungsian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maka demikian, siapkan persediaan makanan dan air setidaknya untuk tiga hari. Rencanakan satu galon air per orang per hari.
 
Kemudian, makanan yang tidak akan rusak dan cukup untuk dikonsumsi selama tiga hingga tujuh hari. Anda bisa memilih makanan dalam kemasan atau kalengan yang tidak mudah rusak, makanan untuk bayi dan orang tua, makanan ringan, vitamin, serta peralatan makanan plastik.
 
Bawa juga kaleng pembuka dan alat darurat termasuk pemadam api berukuran kecil yang mudah dibawa, handphone, dan senter beserta banyak baterai.
 
Selain itu, pastikan untuk mengumpulkan barang-barang berikut untuk memastikan kenyamanan dan kesejahteraan dasar keluarga Anda jika terjadi evakuasi. Salah satunya, uang tunai. Sebab, ATM mungkin tidak tersedia untuk waktu yang lama.
 
Kemudian, bawa selimut, jaket, atau kain yang bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Perlengkapan hujan dan alas kaki yang kuat menerjang air dan bebatuan juga perlu.
 
Barang penting lainnya, First Aid Kit. Masukkan keperluan pertolongan pertama serta sejumlah obat-obatan untuk mengatasi luka ringan atau penyakit kulit, dan obat resep khusus penyakit yang Anda atau keluarga Anda derita.
 
Identifikasi item perawatan hewan peliharaan yang tepat, catatan imunisasi, makanan dan air yang cukup, obat-obatan, carrier atau kandang, tali.
 
Simpan dokumen penting dalam wadah tahan api dan air. Jangan ketinggalan juga barang-barang khusus untuk bayi dan orang tua Anda. Jika memungkinkan, bawa barang pembersih diri, seperti tisu basah, handuk, dan sikat gigi ukurang traveling.
 
Barang penting lainnya ialah surat-surat berharga, yaitu surat-surat asuransi, rekam medis, buku tabungan bank, Kartu Jaminan Sosial. Identitas diri, akte kelahiran dan pernikahan, saham dan obligasi, dan surat pemberitahuan pajak terbaru. Simpanlah surat-surat berharga Anda dengan wadah yang tahan air dan api.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif