Zat gizi yang berperan dalam kesehatan mata adalah karotenoid yang terbagi menjadi xantofil dan karoten. (Foto: Renato Abati/Pexels)
Zat gizi yang berperan dalam kesehatan mata adalah karotenoid yang terbagi menjadi xantofil dan karoten. (Foto: Renato Abati/Pexels)

Pentingnya Karotenoid buat Mata

Rona kesehatan mata
Kumara Anggita • 01 November 2019 08:00
Jakarta: Gizi yang tidak sesuai dapat memengaruhi kesehatan mata. Beberapa di antaranya adalah penurunan fungsi penglihatan pada saat pergantian sore ke malam, tidak bisa melihat dengan cepat dari terang ke gelap atau sebaliknya dari gelap ke terang, mata merah, nyeri, gatal, penglihatan kabur dan lain-lain.
 
"Orang yang gizinya tercukupi matanya jadi tidak mudah lelah, begitu juga dengan fungsi penglihatan mata," ujar Ahli Nutrisi, Dokter Rita Ramayulis dalam acara media bertajuk Your Eyes Will Thank You di Jakarta.
 
Berdasarkan penjelasan dari Signify Philips, zat gizi yang berperan dalam kesehatan mata adalah karotenoid yang terbagi menjadi xantofil dan karoten. Dengan konsumsi makanan atau minuman yang mengandung xantofil dan karoten, mata Anda akan terasa nyaman.

-Xantofil

Xantofil mengandung oksigen yang berperan melindungi mata dari sinar matahari dan polusi. Untuk mendapatkan xantofil, Anda bisa mengonsumsi labu kuning, jagung kuning, bayam, daun ginseng, daun mint, kubis, alpukat, jeruk manis, pepaya kuning, dan buah lainnya yang berwarna kuning.

-Karoten

Karoten mengandung hidrokarbon yang dikelompokkan menjadi provitamun A dan non provitamin A. Provitamin A akan diubah menjadi vitamin A di usus hati sehingga kesehatan mata jadi terjaga. Ini menghambat degenarasi sel mata akibat oksidasi dan melindungi sel mata akibat oksidasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yang termasuk ke kelompok pro vitamin A adalah alpha karoten, beta karoten, dan beta cryptoxantin. Anda bisa konsumsi kiwi, wortel, sawo, stroberi, aprikot kering, tomat, semangka, buah buni, nanas, terong belanda, markisa, apel malang.
 
Provitamin A di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A, dan akan dibawa oleh transport retinol bidang pdotein (ikatan protein dengan vitamin A) menuju mata. Kecukupan asupan protein sangat menentukan kesehatan mata Anda.
 
Bahan-bahan yang mengandung xantofil dan karoten bisa Anda olah menjadi jus sesuai dengan selera. Jus tersebut juga bisa ditambahkan sumber protein seperti yoghurt.
 
Sekarang jagalah asupan makanan Anda setiap hari. Pastikan xantofil dan karoten ada di menu Anda.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif