Buah-buahan yang baik untuk wanita sedang menyusui--Ilustrasi--Pexels
Buah-buahan yang baik untuk wanita sedang menyusui--Ilustrasi--Pexels

Buah-Buahan yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui

Rona kehamilan
Raka Lestari • 05 November 2019 12:04
Jakarta: Buah-buahan adalah salah satu bagian penting bagi tubuh Anda, entah itu bagi wanita menyusui atau bukan. Namun, ibu menyusui membutuhkan asupan makanan yang berbeda dari biasanya.
 
Begitu juga dengan buah-buahan yang baik untuk wanita sedang menyusui. Berikut buah-buahan untuk menambah asupan ASI, seperti dilansir romper:
 
Jeruk

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jeruk adalah sumber vitamin C yang sangat baik yang dibutuhkan oleh wanita menyusui,” ujar ahli gizi, Brigitte Zeitlin, pendiri BZ Nutrition.
 
Vitamin C berperan penting dalam pertumbuhan gigi dan otot pada anak, termasuk bayi yang baru lahir. Zeitlin mengatakan jeruk juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan pada ibu menyusui. Dia menyarankan para ibu baru harus mengonsumsi sekitar 120 miligram vitamin C per hari, yang berarti sekitar dua jeruk kecil.
 
Pepaya hijau
 
"Pepaya hijau adalah sumber galactogogue yang membantu mendorong produksi susu yang meningkatkan laktasi," kata Zeitlin.
 
Dia merekomendasikan menambahkan 1/2 cangkir pepaya hijau ke smoothie dengan makanan kaya galactogogue lainnya seperti bayam dan wortel. Tambahkan susu almond tanpa pemanis dengan 1/2 cangkir yogurt untuk sarapan.
 
Bluberi
 
Manfaat bluberi yang menonjol adalah sifat antioksidannya. Blueberry memiliki potensi antioksidan tertinggi dari buah apa pun, menurut WebMD. Antioksidan diturunkan ke bayi, yang dapat membantu mencegah penyakit pada bayi, menurut sebuah studi dalam Journal of Health, Population and Nutrition.
 
Pisang
 
Kalium sangat penting bagi wanita hamil, tetapi mempertahankan kadar kalium yang tinggi masih sangat penting saat menyusui. Dan sebenarnya, Anda membutuhkan lebih banyak kalium ketika menyusui, karena dapat membantu Anda menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Menurut  Baby Center, jumlah potasium yang disarankan adalah 5.100 miligram per hari.
 
Alpukat
 
Alpukat memiliki kandungan potassium yang lebih banyak dibandingkan pisang, yaitu sekitar 975 miligram dalam satu alpukat, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Alpukat juga merupakan sumber asam amino yang hebat, yang merupakan bahan penyusun protein dan penting dalam pertumbuhan sel untuk ibu dan bayi.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif