Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Parfum Pengaruhi Kualitas Kulit?

Rona kesehatan kulit
Sunnaholomi Halakrispen • 12 September 2019 17:11
Jakarta: Penggunaan parfum di baju maupun di tubuh menghindari diri dari bau badan yang tak sedap. Apalagi, jika Anda melakukan banyak beraktivitas dan tubuh menjadi berkeringat. Konon, penggunaan parfum bisa memengaruhi kualitas kulit.
 
Ada benarnya, penggunaan parfum akan membuat kulit lebih kering. Sebab, parfum memiliki pH basa. Berpengaruh juga pada kulit orang yang berusia tua. Hal tersebut disampaikan oleh dr. Susie Rendra, Sp. KK - Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang berpraktik di RS Pondok Indah - Puri Indah.
 
"Kalau usia tua dan kulit kita kering, terkena parfum yang pHnya basa, akan lebih gatel dan gampang iritasi," ujar dr. Susie di Penang Bistro Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tergantung pada kondisi kulit, karena kondisi kulit orang berbeda. Ada yang kulitnya cenderung kering, berminyak, atau normal. Baik untuk anak muda maupun orang tua, penggunaan parfum sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.
 
"Ada org yang kulitnya cenderung kering. Lebih baik jangan kebanyakan terkena bahan kimia. Jangankan parfum, terkena air saja bisa jadi semakin kering kulitnya karena air pHnya normal," tuturnya.
 
Untuk menangani kulit yang semakin kering, kata dr. Susie, bisa dengan menggunakan produk tertentu yang khusus untuk kulit kering. Misalnya, dengan penggunaan moisturizer.
 
Pemilihan suhu air ketika mandi juga memengaruhi kulit menjadi kering. Khususnya, saat Anda mandi menggunakan air yang terlalu panas yang bisa membuat kulit menjadi kering.
 
Jika Anda ingin mendapatkan sensasi rileks dengan manding air hangat, takar suhunya agar tidak terlalu panas ke kulit Anda. Selain itu, gunakan sabun yang bisa melembapkan kulit agar kondisi kesehatan kulit Anda bisa terjaga dengan tepat.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif