Anda tetap perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah pemakaian hand sanitizer beberapa kali agar tetap bersih. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Anda tetap perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah pemakaian hand sanitizer beberapa kali agar tetap bersih. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Perhatikan Ini Saat Memilih Cairan Pembersih Tangan

Rona kesehatan
Raka Lestari • 11 Juni 2019 13:13
Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Amerika Serikat (CDC) hal terpenting dalam memilih cairan pembersih adalah harus mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Setelah Anda menyentuh benda-benda di area publik, Anda bisa menggunakan pembersih tangan untuk menghindari virus dan bakteri. Tapi Anda tetap perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah pemakaian hand sanitizer beberapa kali agar tetap bersih.
 

 
Jakarta: Mencuci tangan bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah sakit. Namun kini seiring dengan perkembangan teknologi, mencuci tangan tidak harus selalu menggunakan air terutama saat mendadak butuh atau dalam kondisi darurat di mana Anda tidak menemukan air di sekitar untuk mencuci tangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akan tetapi dalam memilih cairan pembersih tangan pun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Amerika Serikat (CDC) seperti dilansir dari Erica Young lewat tulisan "Why You Need to Worry About Hand Sanitizer," hal terpenting dalam memilih cairan pembersih adalah harus mengandung setidaknya 60 persen alkohol.
 
Dalam tulisan yang sama yang diterbitkan dalam Reader's Digest menyebutkan cairan pembersih tangan jenis ini tidak hanya efektif dalam membunuh kuman, namun cairan pembersih tangan non-alkohol dapat berbahaya dan dapat menyebabkan kuman menjadi resisten terhadap cairan pembersih tangan tersebut.
 
Young juga menyebutkan sangat penting untuk menghindari pembersih tangan yang mengandung triclosan, bahan sintetis yang ditambahkan ke banyak produk antibakteri.
 
"Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberikan peringatan bahwa triclosan dosis tinggi dikaitkan dengan penurunan kadar beberapa hormon tiroid dan mungkin berkontribusi menyebabkan bakteri resisten terhadap antibiotik," sebut tulisan itu lagi.
 
Cairan pembersih tangan tidak akan membersihkan bakteri dalam tangan jika Anda tidak menggunakannya dengan benar.
 
Perhatikan Ini Saat Memilih Cairan Pembersih Tangan
(Anda tetap perlu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah pemakaian hand sanitizer beberapa kali agar tetap bersih. Foto: Courtesy of Elizaveta Galitckaia/Shutterstock)

1. Jumlah cukup

Ingatlah untuk menggunakan cairan pembersih tangan dalam jumlah yang cukup, kemudian gosokkan ke seluruh permukaan tangan Anda dan biarkan cairan pembersih tangan Anda kering.

2. Tidak mengelap

Selain itu jangan mengelap tangan Anda atau mencuci tangan setelah menggunakan cairan pembersih tangan.
 
"Jika digunakan secara benar, cairan pembersih tangan yang berbahan dasar alkohol dapat membunuh setidaknya 99,9 persen virus, jamur, dan bakteri," menurut laman yang sama.
 
Jadi setelah Anda menyentuh benda-benda di area publik, menggunakan pembersih tangan dapat membantu Anda menghindari virus dan bakteri.
 
Tetapi perlu diingat juga bahwa terkadang Anda bisa mendapatkan virus dari udara yang Anda hirup dan hal itu tidak dapat diatasi dengan menggunakan cairan pembersih tangan.
 
Anda masih bisa menggunakan hand sanitizer, namun batasi penggunaannya. Semisal setelah menggunakannya sebanyak tiga sampai empat kali, Anda tetap perlu membersihkan tangan Anda dengan sabun dan air mengalir.
 
Menggunakan cairan pembersih tangan menjadi populer karena praktis dan bisa dibawa ke mana-mana, namun sebenarnya cara mencuci tangan yang paling baik tetaplah menggunakan sabun dan air biasa.
 
CDC mengatakan cara terbaik untuk mencegah penyebaran infeksi dan mengurangi risiko sakit adalah dengan mencuci tangan secara teratur sebisa mungkin sebagai salah satu cara untuk mencegah sakit.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif