Bolehkah anak-anak makan sushi? Simak informasinya. (Foto: Courtesy of Romper)
Bolehkah anak-anak makan sushi? Simak informasinya. (Foto: Courtesy of Romper)

Tips Mengonsumsi Sushi bagi Anak

Rona kesehatan
Raka Lestari • 11 Juli 2019 10:30
Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyarankan agar wanita hamil dan anak-anak di bawah lima tahun hanya mengonsumsi ikan atau sumber protein lain yang dimasak. Dr Tanya Altmann, M.D. menambahkan untuk beberapa orang tua yang ingin memberikan anak mereka ikan mentah atau sushi yang berbahan mentah, ia menyarankan untuk memilih yang berasal dari tempat dengan reputasi baik untuk mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.
 
 
Jakarta:
Sushi biasanya disajikan dengan bahan-bahan mentah, seperti salmon atau tuna mentah. Bagi orang dewasa, mengonsumsi sushi yang menggunakan bahan mentah mungkin tidak berbahaya. Tapi bagaimana dengan anak-anak? Apakah mereka boleh makan sushi?
 
Dilansir dari Shana Aborn lewat "Can Toddlers Eat Sushi? Here's What You Should Know Before Your Little One's First Salmon Roll," dalam Romper disebutkan bagi anak-anak mengonsumsi sushi yang menggunakan bahan mentah bisa menyebabkan mereka terkena bakteri yang bisa mengancam kesehatan mereka. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di beberapa negara atau daerah, merupakan hal yang biasa bagi anak-anak untuk mengonsumsi ikan mentah," ujar Tanya Altmann, M.D., seorang dokter anak kepada Romper. "Namun di beberapa negara, karena bahaya parasit atau cacing atau infeksi lain bisa terjadi dari mengonsumsi ikan mentah." 
 
Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyarankan agar wanita hamil dan anak-anak di bawah lima tahun hanya mengonsumsi ikan atau sumber protein lain yang dimasak. 
 
Tips Mengonsumsi Sushi bagi Anak
(Dr Tanya Altmann, M.D. menambahkan untuk beberapa orang tua yang ingin memberikan anak mereka ikan mentah atau sushi yang berbahan mentah, ia menyarankan untuk memilih yang berasal dari tempat dengan reputasi baik untuk mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi. Foto: Pexels.com)
 
Dr Altmann menambahkan, "Namun untuk beberapa orang tua yang ingin memberikan anak mereka ikan mentah atau sushi yang berbahan mentah, saya menyarankan untuk memilih yang berasal dari tempat dengan reputasi baik untuk mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi." 
 
Akan tetapi ini bukan berarti bahwa Anda tidak bisa mengajak anak Anda pergi ke restoran Jepang setelah mereka berusia lima tahun. Ada banyak pilihan yang aman bagi anak-anak, seperti chicken teriyaki, tempura, udon, pangsit goreng, atau sup miso. 
 
Dan bagi anak-anak yang ingin mencoba menikmati pengalaman makan sushi, beberapa restoran Jepang menyediakan pilihan sushi dengan bahan sayuran seperti timun, ubi, atau alpukat. 
 
"Selama itu tidak membuat mereka tersedak ketika makan sushi langsung dalam satu gigitan, para balita dapat dengan aman memilih sushi vegetarian atau sushi yang menggunakan ikan yang sudah dimasak," jelas Dr Altmann. Ia juga menyarankan agar tetap berhati-hati terhadap gejala seperti muntah, diare, sakit perut, demam , atau indikasi penyakit bawaan makanan lainnya.
 
"Walaupun kemungkinan penyebab diare atau infeksi pada kelompok usia ini terjadi karena virus dan akan hilang dengan sendirinya, beberapa kasus juga bisa menjadi lebih parah sehingga membutuhkan perawatan dengan obat-obatan atau bahkan rawat inap," jelas Dr Altmann. 
 
Jika Anda tidak yakin apakah sistem anak Anda dapat mengonsumsi ikan mentah, sebaiknya lakukan pilihan yang aman dengan memilih ikan yang sudah matang setidaknya sampai mereka sudah siap. Atau bisa juga dengan memilih tempat yang memang sudah terpercaya.
 
Jika ini pertama kalinya bagi Anda untuk memberikan makanan sushi, Anda bisa mengonsultasikannya pada dokter spesialis anak di beberapa rumah sakit seperti di RSCM - Kencana, Mayapada Hospital, atau Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya. Atau kunjungi pusat layanan terdekat lainnya di dekat rumah Anda.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif