Ilustrasi--(Foto:newhealthguide.org)
Ilustrasi--(Foto:newhealthguide.org)

Beberapa Tanda Ovulasi

Rona kehamilan
Raka Lestari • 30 Oktober 2019 10:08
Jakarta: Jika Anda dan pasangan sedang ingin merencanakan kehamilan, cobalah untuk memerhatikan tanda-tanda ovulasi. Pada masa-masa ovulasi, pada umumnya akan lebih mudah terjadi kehamilan.
 
Ovulasi pada umumnya terjadi sekitar 2 minggu sebelum memasuki masa menstruasi, namun hal itu bisa saja berubah tergantung pada individu masing-masing.
 
Untuk mengetahui kapan kira-kira Anda memasuki masa ovulasi, berikut ini adalah tanda-tanda ketika Anda memasuki masa ovulasi, seperti dikutip thehealthy:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kram perut
 
Kram perut mungkin merupakan salah satu gejala ovulasi yang paling umum. "Untuk beberapa wanita, ada tanda-tanda seperti kram yang hanya terasa di satu sisi perut, atau pada wanita lainnya bahkan tidak terasa sama sekali,” ujar Jennifer Conti, MD, dokter ahli kandungan di Stanford University.
 
Kram ringan biasanya terjadi di daerah perut bagian bawah, biasanya di satu sisi panggul, di sisi yang sama dimana Anda melepaskan sel telur, menurut Fahimeh Sasan, DO, asisten professor ahli kandungan di Icahn School of Medicine, Mount Sinai Hospital.
 
Payudara terasa nyeri
 
Menurut Dr Conti nyeri pada putting dan payudara yang merupakan salah satu gejala ovulasi, merupakan dampak dari tubuh yang mempersiapkan diri untuk terjadinya kehamilan. Hormon progesterone mendorong payudara untuk mulai menahan cairan, sehingga menyebabkan payudara menjadi meregang sedikit demi sedikit.
 
Hal ini sering menyebabkan rasa sakit atau payudara yang terasa padat atau berat yang terjadi pada beberapa hari sampai minggu sebelum menstruasi.
 
Perut kembung
 
Peningkatan kadar progesteron tidak hanya menyebabkan payudara mulai menahan air tetapi juga pada seluruh tubuh, kata Dr Sasan. Retensi cairan ini sering menghasilkan perasaan kembung yang tidak nyaman, terutama di daerah perut. Untuk mengurangi kembung, batasi asupan kafein Anda dan tidak makan dalam porsi besar pada malam hari.
 
Perubahan suhu tubuh
 
Menurut Dr Conti, ketika memasuki masa-masa ovulasi maka suhu tubuh Anda akan mengalami perubahan meskipun memang tidak terlalu drastis. Melacak suhu tubuh Anda di pagi hari setiap hari bisa menjadi cara yang baik untuk menentukan apakah ovulasi telah terjadi.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif