Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Manfaat Minum Kopi Berdasarkan Cara Penyajian

Rona kopi
Raka Lestari • 05 Juli 2019 13:54
Kebiasaan meminum kopi dengan takaran yang pas ternyata memiliki efek positif. Perbedaan suhu penyajian kopi ternyata memiliki perbedaan dari segi manfaat.
 
 
Jakarta: Manfaat dari minum kopi sangat banyak. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, minum kopi dapat membantu mengatasi depresi, mengurangi risiko terkena diabetes, meningkatkan kemampuan dalam beraktivitas, dan memberikan dorongan baik pada otak.
 
Dilansir dari bustle, menurut studi pada tahun 2018 dari JAMA Internal Medicine, ditemukan bahwa minum kopi dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan ketika minum kopi, Anda mungkin akan bingung menentukan apakah akan disajikan dalam keadaan dingin atau panas. Perbedaan suhu penyajian kopi ternyata memiliki perbedaan dari segi manfaat sebagai berikut:
 
Kopi panas lebih banyak mengandung antioksidan
 
Dalam sebuah studi 2018 yang diterbitkan dalam Scientific Reports, peneliti dari Thomas Jefferson University menemukan "perbedaan kimia" antara kopi panas dan dingin. Kopi panas ditemukan memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi daripada minuman dingin, yang membuatnya sedikit lebih sehat.
 
Menurut Dr Nikola Djordjevic, MD dari DisturbMeNot, manfaat antioksidan dalam kopi termasuk risiko kanker yang lebih rendah, penyakit jantung, penyakit hati, diabetes, dan kematian dini.
 
Kopi dingin lebih sedikit mengandung kafein
 
Jumlah kafein dalam kopi Anda dapat bervariasi tergantung dari mana Anda mendapatkan kopi. "Secara umum, minuman dingin mengandung lebih sedikit kafein yang bermanfaat bagi mereka yang benar-benar menginginkan secangkir kopi tetapi kondisinya tidak memungkinkan," ujar Jordan Karcher, pakar kopi dan pendiri Grounds & Hounds Coffee Co.
 
Manfaat mengurangi konsumsi kafein antara lain tidur yang lebih baik, hormon yang lebih seimbang pada wanita, dan menurunkan tekanan darah.
 
Kopi panas membuat suasana hati lebih menyenangkan
 
"Secangkir kopi panas di pagi hari sebenarnya dapat menempatkan Anda dalam pola pikir yang lebih positif," ujar Karin Adoni, ahli gizi bersertifikat dan pelatih kesehatan.
Selain itu, pada sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Science menemukan bahwa merasakan kehangatan fisik, seperti memegang secangkir kopi panas dapat meningkatkan perasaan kehangatan antarpribadi.
 
Kopi dingin mencegah serangan jantung
 
Kopi bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda karena merupakan sumber antioksidan yang baik, yang membantu melindungi Anda dari banyak penyakit. Menurut Dr Maheinthan Yogeswaran, seorang dokter umum dari Medicspot mengatakan
 
"Es kopi bermanfaat karena mengandung senyawa seperti kafein, magnesium, trigonelin, dan senyawa fenolik yang dapat bekerja dengan menstabilkan tekanan darah Anda, meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan tekanan darah," kata Yogeswaran.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif