Risiko Melahirkan Bayi Berukuran Jumbo
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta: Seorang ibu di Pacitan, Jawa Timur, melahirkan bayi dengan ukuran tak biasa. Bayi berjenis kelamin perempuan itu lahir dengan bobot 5,7 kilogram dengan panjang 52 sentimeter secara normal.

Meski tampak menggemaskan, faktanya bayi yang lahir dengan bobot melebihi angka ideal yakni 2,9-3,6 kilogram membawa risiko yang lebih besar ketika dilahirkan. Bukan hanya terhadap ibu namun juga bayi itu sendiri.

"Semakin besar ukuran bayi risiko pada ibu dan bayi juga semakin tinggi. Pada ibu, cedera proses persalinan, robekan jalan lahir, sampai dengan pendarahan setelah persalinan jauh lebih tinggi," ujar Dokter Spesialis Kandungan Febriansyah Darus dalam Newsline Metro TV, Rabu, 19 September 2018.


Jika pada ibu risiko yang bisa didapatkan berkaitan dengan persalinan, pada bayi jauh lebih buruk. Potensi cedera persarafan terutama saraf brachialis yang berjalan dari tulang belakang melewati leher dan ketiak dan akhirnya ke seluruh lengan lebih tinggi.

Pada persalinan normal bisa saja bayi pundak bayi tersangkut pada jalan lahir sehingga perlu usaha ekstra untuk mengeluarkannya yang berpotensi merusak persarafan di bagian tersebut.

Faktor risiko

Febri mengatakan salah satu faktor risiko yang menyebabkan bayi terlahir jumbo bisa diturunkan dari orang tua atau pola makan dengan dominasi karbohidrat. 

Faktor lain seperti diabetes melitus gestasional atau penyakit gula yang dicetuskan selama kehamilan karena kadar gula si ibu tinggi juga berpotensi melahirkan bayi dengan bobot besar. 

"Ada juga faktor genetik yang selain pertumbuhan tubuhnya jauh lebih besar ada kelainan lain seperti lidahnya besar atau pertumbuhan tulangnya tidak normal," kata dia.

Bayi yang terlahir jumbo atau dikenal dengan makrosomia harus terus dipantau kadar gulanya sesaat dia dilahirkan. Agar ketika terdeteksi bisa langsung ditangani oleh dokter spesialis anak dengan metode terapi.

"Bayi-bayi yang lahir dengan berat badan luar biasa besar harus diperhatikan. Karena kemungkinan dia mengalami obesitas bahkan potensi beberapa penyakit misalnya penyakit metabolik seperti penyakit gula itu sendiri," jelas dia.





(MEL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id