Studi: Bergerak dengan Penuh Kesadaran Turunkan Risiko Stres

Sri Yanti Nainggolan 23 Juni 2018 19:30 WIB
tips kesehatanstres
Studi: Bergerak dengan Penuh Kesadaran Turunkan Risiko Stres
Studi: Bergerak dengan Penuh Kesadaran Turunkan Risiko Stres (Foto: shutterstock)
Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa gerakan yang dilakukan secara sadar membantu meningkatkan kesejahteraan karena menurunkan stres dan kecemasan.

Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Psychology of Sports and Exercise tersebut menemukan bahwa partisipan mengalami penurunan stres dan manfaat kesehatan lebih besar ketika mereka bergerak dengan menggunakan kaki dalam keadaan lebih sadar.

"Sulit untuk meminta orang menghabiskan banyak waktu melakukan aktivitas  sedang atau kuat dengan pergi ke gym atau keluar untuk berlari, terutama jika mereka merasa stres," kata penulis utama Chih-Hsiang 'Jason' Yang dari Universitas California Selatan, Amerika Serikat.


"Tetapi jika mereka tidak perlu mengubah perilaku sehari-hari mereka, mereka malah dapat mencoba mengubah pikiran mereka dengan menjadi lebih sadar dan mungkin dapat melihat efek menguntungkan ini," tambah Yang.

Gerakan yang penuh perhatian adalah latihan yang melibatkan fokus mental, untuk melatih tubuh bergerak secara optimal melalui aktivitas atletik dan kehidupan sehari-hari.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti memeriksa 158 siswa. Selama dua minggu, sebuah aplikasi telepon seluler khusus secara acak mendorong para peserta delapan kali sehari untuk menjawab pertanyaan tentang aktivitas dan keadaan pikiran mereka saat ini.

Beberapa pertanyaan yang diajuakan adalah di mana peserta berada, apakah mereka sedang bergerak, dan apakah mereka stres atau cemas, serta pertanyaan yang dirancang untuk menilai kesadaran.

Setelah menganalisis data, para peneliti menemukan bahwa ketika peserta lebih perhatian atau aktif daripada biasanya, mereka menunjukkan penurunan pengaruh negatif. Mereka juga menemukan kemungkinan efek sinergis ketika orang-orang sadar dan aktif.

"Menjadi lebih aktif pada saat tertentu akan mengurangi pengaruh negatif dan menjadi lebih perhatian daripada biasanya pada saat yang sama, Anda dapat melihat pengaruh yang diperkuat," kata Yang.

 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id