Satu Kata Ini Ampuh Kurangi Kebiasaan Buruk

Sri Yanti Nainggolan 01 Juni 2018 12:14 WIB
psikologi
Satu Kata Ini Ampuh Kurangi Kebiasaan Buruk
Orang-orang yang mengatakan 'tidak' daripada 'tidak bisa' 50 persen lebih mungkin untuk tetap berpegang pada perubahan perilaku dan efektif. (Foto: Teodora Popa/Unsplash.com)
Jakarta: Beberapa orang memiliki kebiasan buruk yang sulit dihilangkan, seperti menggigiti kuku, merokok, atau terlalu lama menghabiskan waktu di layar gawai. 

Namun, ada kata sederhana yang dapat membantu melepaskan kita dari kebiasaan tersebut, yaitu 'tidak'. 

Psikolog Amantha Imber mengungkapkan bahwa kebiasaan-kebiasaan tersebut sangat sulit untuk berhenti karena mereka terprogram melalui perilaku standar dan otak harus bekerja sangat keras ketika mencoba melawannya. 


Dengan demikian, hal yang mudah dilakukan adalah kembali ke perilaku buruk tersebut. Namun, dengan menggunakan kata 'tidak', baik dalam percakapan atau kepada diri sendiri, kontrol diri cenderung lebih besar. 

Imber menyarankan Anda untuk dapat sepenuhnya mengendalikan perilaku Anda.


(Orang-orang yang mengatakan 'tidak' daripada 'tidak bisa' 50 persen lebih mungkin untuk tetap berpegang pada perubahan perilaku dan efektif. Foto: Wil Stewart/Unsplash.com)

(Baca juga: Salah Strategi dalam Rencana Diet)

"Jika kita berkata 'Saya tidak makan gula' daripada 'Saya tidak bisa makan gula' maka kita akan menginternalisasi hal itu dan bertindak seperti itu," tukasnya. 

Imber juga mengklaim bahwa orang-orang yang mengatakan 'tidak' daripada 'tidak bisa' 50 persen lebih mungkin untuk tetap berpegang pada perubahan perilaku dan efektif karena lebih bersifat memilih, bukan membatasi. 

Imber juga mengungkapkan bahwa menghilangkan godaan adalah cara lain yang bagus untuk mencoba dan membuang kebiasaan yang tidak sehat.

"Misalnya, jika Anda mencoba mengurangi penggunaan media sosial Anda, hapus aplikasi Facebook dari ponsel Anda," sarannya.

Terakhir, ia menambahkan bahwa lebih mudah melakukan kegiatan positif, untuk membantu menghilangkan kebiasaan buruk, di pagi hari daripada malam hari.






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360