Kesalahan Sarapan yang Sering Tak Disadari

Sri Yanti Nainggolan 15 September 2018 08:20 WIB
kesehatan
Kesalahan Sarapan yang Sering Tak Disadari
Kesalahan Sarapan yang Sering Tak Disadari (Foto: shutterstock)
Jakarta: Sarapan penting bagi tubuh. Sayangnya, beberapa orang menyepelekan makan pagi tersebut dan hal itu dapat memberi dampak tak baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Berikut adalah beberapa hal terkait sarapan yang tanpa disadari membuat kesehatan tubuh memburuk.

1. Tidak sarapan
Ada korelasi langsung antara melewatkan sarapan dan risiko serangan jantung dan stroke. Menurut sebuah penelitian oleh Mount Sinai Heart, orang dewasa yang tak sarapan lebih dari dua hari berisiko terkena atherosclerosis, yang berujung pada terhambatnya aliran darah dan oksigen ke organ vital. Studi tersebut menyatakan bahwa atherosclerosis lebih sering dialami mereka yang tidak sarapan atau sarapan rendah energi.


Selain itu, penanda risiko kardiometabolik juga lebih umum pada mereka yang melewatkan sarapan dan konsumen sarapan berenergi rendah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menyebutkan bahwa mereka yang melewatkan sarapan memiliki lingkar pinggang terbesar, indeks massa tubuh, tekanan darah, lipid darah dan kadar glukosa puasa yang lebih besar.

2. Minum kopi terlebih dulu
Minum teh atau kopi saat perut kosong dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti peningkatan kadar asam dan kadar racun, gangguan aktivitas metabolisme, penyerapan zat besi yang tidak tepat serta kerusakan kesehatan mulut.

3. Tidak seimbang
Pastikan sarapan Anda mengandung gizi seimbang, tidak timpang. Hanya makan roti atau nasi goreng berarti dominasi karbohidrat lebih banyak. Cobalah tambahkan telur dan sayuran agar protein dan vitamin juga masuk dalam tubuh.

 



(ELG)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id