Selain Kopi, 5 Minuman Ini Bantu Meningkatkan Fokus Tanpa Efek Samping

Nia Deviyana 04 Juni 2018 15:47 WIB
tips kesehatan
Selain Kopi, 5 Minuman Ini Bantu Meningkatkan Fokus Tanpa Efek Samping
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Kopi menjadi pilihan minuman ketika seseorang merasa mengantuk. Aroma harum pada kopi membantu Anda kembali berenergi.

Menurut sebuah penelitian, kopi juga termasuk minuman sehat karena kandungan antioksidannya yang tinggi. 

Sayangnya, di sisi lain kopi tidak cocok dikonsumsi penderita penyakit lambung karena bisa menyebkan perut perih dan mulas. Beberapa orang juga merasakan jantung berdebar dan sulit tidur setelah mengonsumsi kopi. 


Sebenarnya ada alternatif lain untuk Anda yang menginginkan manfaat dari kopi, tetapi tidak bisa mengonsumsinya karena takut mengalami beberapa gangguan kesehatan. Beberapa minuman ini bisa menjadi penggantinya.

1. Matcha green tea

Minuman kekinian yang banyak tersaji di kafe-kafe ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Meski memiliki kafein seperti kopi, bubuk daun teh hijau ini tidak menyebabkan kegelisahan dan kemerosotan energi secara tiba-tiba ketika kafein hilang dari tubuh. Dilansir dari Health, matcha memberikan rasa yang lebih menenangkan berkat kandungan asam amino L-theanine. 

2. Jus wheatgrass

Wheatgrass adalah sejenis rumput-rumputan dengan sumber antioksidan vitamin A, C, dan E terkonsentrasi, serta zat besi, kalsium, magnesium, dan asam amino. 

Daripada kafein, minuman ini dapat memberikan lonjakan energi yang sama. "Selain itu, studi awal menunjukkan bahwa wheatgrass memberikan manfaat pada penderita rheumatoid arthritis, kolitis ulserativa, diabetes, obesitas, dan mencegah stres oksidatid di tubuh.

3. Teh ginseng

Kopi dapat membuat Anda fokus, begitu juga dengan teh ginseng. Ada bukti bahwa ginseng, meskipun tidak diolah dalam bentuk teh, dapat meningkatkan kinerja mental saat berfikir abstrak dan matematika. Selain itu, ginseng juga dapat mengurangi risiko tertular pilek dan flu. Para pecinta kopi kemungkinan akan menyukai rasa pahit alami pada ginseng. 

4. Jus delima

Warna merah pada delima mengandung banyak antioksidan yang dapat meningkatkan energi Anda. Antioksidan pada delima juga dipercaya mampu memulihkan kekuatan otot dan meningkatkan fungsi kognitif. 

5. Teh herbal yerba mate

Seperti kopi, teh herbal dari Amerika selatan ini juga mengandung kafein, tetapi tidak membuat jantung Anda berdebar. Bahkan, ada beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan teh herbal ini dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan mengontrol gula darah.






(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360