Benarkah Minuman Berprotein Mengenyangkan Lebih Lama?

Sri Yanti Nainggolan 04 Mei 2018 17:57 WIB
kesehatandiet
Benarkah Minuman Berprotein Mengenyangkan Lebih Lama?
Chia seed atau flex seed untuk jenis makanan ringan yang tinggi serat. Foto: Brenda Godinez/Unsplash.com
Jakarta: Berbagai inovasi makanan bermunculan agar konsumsi makanan bergizi semakin praktis, misalnya dengan munculnya minuman dengan kadar protein tinggi. 

Lalu, apakah minuman tersebut dapat berpengaruh besar di bulan puasa, karena digadang-gadang membuat rasa kenyang lebih lama?

"Menurut saya, lebih baik konsumsi makanan dengan tingkat karbohidrat kompleks tinggi karena itu kan cairan, jadi lebih gampang dicerna," jawab ahli gizi dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK dalam peluncuran kampanye Halodoc #PuasaSehat, Jumat 4 Mei 2018.


(Baca juga: Selain Alpukat, 3 Makanan Ini Bikin Perut Kenyang Lebih Lama)


(Chia seed atau flex seed untuk jenis makanan ringan yang tinggi serat. Foto: Alex Loup/Unsplash.com)

Namun, lain hal bila makanan tersebut mengandung banyak serat dimana proses penyerapan dalam tubuh pun akan menjadi lebih lambat. Hasilnya, rasa kenyang pun lebih lama.

Ia memberi contoh seperti chia seed atau flex seed untuk jenis makanan ringan yang tinggi serat. 

"Saya lebih menyarankan makanan untuk membuat rasa kenyang lebih lama, minuman buat tambahan saja."

Selain karbohidrat, dr. Jovita mengingatkan bahwa dua kandungan yang tak boleh dilupakan saat mengisi tenaga adalah protein dan lemak. 






(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360