Tips Agar Tertidur Lebih Cepat
Ilustrasi. (Thinkstock)
Jakarta: Yayasan Tidur Nasional Amerika Serikat menyebut perlu waktu sekitar 10-20 menit bagi rata-rata setiap orang untuk tertidur. Rutinitas juga dikatakan memengaruhi kualitas tidur seseorang.

Beberapa orang cukup beruntung bisa langsung tertidur saat menyentuh bantal sementara yang lainnya membutuhkan waktu yang lama untuk sekadar mengantuk. Melansir Gulfnews, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan waktu tidur malam lebih cepat.

Sebelum tidur
Mandi air hangat
Terlepas dari kepuasaan psikologis seseorang untuk tidur dalam keadaan bersih dan segar, mandi air hangat sebelum tidur dapat menurunkan suhu tubuh secara signifikan. Penurunan suhu tubuh dapat membuat seseorang mengantuk lebih cepat.


Mendinginkan ruangan
Tidak ada hal yang lebih mengganggu dari tubuh yang terlalu panas. Suhu ideal untuk bisa terlelap dengan cepat adalah antara 21-23 derajat celsius. Agar tubuh tak mudah gerah, kenakan piama berbahan katun ringan dan pastikan kamar tidur berada pada suhu dingin dan dalam kondisi gelap.

Simpan ponsel anda
Layar ponsel memancarkan cahaya biru yang membuat aktivitas otak meningkat, bermain ponsel sebelum tidur tentu bukan hal yang tepat.

Jika anda tidak bisa mematikan ponsel, atur layar menjadi lebih redup. Bila perlu unduh aplikasi peredupan layar sehingga anda dapat menjaga aktivitas otak tetap rendah selama tidur.

Jika anda kesulitan tidur
Tempatkan kaki lebih tinggi
Posisikan kaki lebih tinggi dari kepala dengan bantuan bantal. Mengekspos sebagian kaki ke udara membantu panas tubuh turun lebih cepat. Trik ini cukup sederhana dan membantu anda tidur lebih cepat dan nyenyak.

Pijat titik refleksi
pijat refleksi di beberapa bagian tubuh bisa membuat lebih rileks dan mudah mengantuk. Beri pijatan lembut di antara alis tepat di atas hidung anda selama satu menit atau tekan area di antara ibu jari dan telunjuk kaki dan pijat kedua telinga anda. 





(MEL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360