lustrasi. (Foto: iStock)
lustrasi. (Foto: iStock)

Ahli Gizi: Makanan Ini Dapat Ciptakan Pikiran Positif

Rona tips kesehatan
Torie Natalova • 29 Juni 2019 16:23
Makanan ternyata tak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh. Ternyata makanan juga berpengaruh terhadap mental. 
 

Jakarta: Pernah mendengar istilah "you are what you eat"? Istilah ini bisa jadi benar menurut salah satu aliran pemikiran yang disebut psikiatri gizi. Semakin banyak penelitian yang menemukan bahwa makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan mental kita.
 
Dilansir dari netdoctor, ahli terapis nutrisi terkemuka Terry Fairclough menjelaskan pengertian dan cara kerja psikiatri nutrisi. Psikiatri gizi adalah tentang menerapkan diet sebagai sarana untuk meningkatkan dan menjaga kesejahteraan mental Anda. Psikiatri gizi memanfaatkan makanan dan suplemen sebagai alternatif pengobatan untuk merawat kesehatan mental.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terry juga menambahkan bahwa ilmu pengetahuan telah menunjukkan makanan tidak hanya dapat berdampak pada kesehatan fisik tapi juga dapat mempengaruhi kesehatan mental atau memberikan efek pada otak Anda.
 
Makanan yang kita makan memainkan peran penting dalam suasana hati dan emosional Anda. Apabila Anda makan berbagai makanan, Anda lebih mungkin mendapatkan berbagai vitamin dan mineral untuk membantu tubuh bekerja dengan baik dan memberi perasaan sejahtera.
 
Memilih makanan segar, utuh, bergizi dengan banyak buah dan sayuran akan memastikan bahwa kita memperoleh kadar mineral dan vitamin yang cukup. Apabila Anda kekurangan makanan bergizi dan kaya nutrisi, Anda dapat membuat ketidakseimbangan nutrisi yang berdampak negatif pada psikologis dan fisik.
 
Menghilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan olahan, cepat saji, aditif, gula tambahan, alkohol dan kafein dari pola makan Anda dapat membantu meningkatkan energi, menyeimbangkan hormon, mengatur fungsi tiroid, membantu hati membuang racun, menyeimbangkan gula darah dan memperbaiki suasana hati.
 
Meningkatkan asupan yang bernutrisi dapat mempertahankan sistem pencernaan yang sehat. Kesehatan usus sangat berkaitan dengan otak yang pada akhirnya dapat menciptakan perasaan yang bahagia. Gangguan bakteri di usus dapat mempengaruhi efisiensi mencerna makanan dan penyerapan nutrisi, sehingga berdampak pada perubahan suasana hati Anda.
 
Menurut Terry, kelompok makanan tertentu dapat meningkatkan nutrisi penting untuk mempertahankan pola pikir yang positif.
 
1. Vitamin B: ekstrak ragi, biji-biji, kacang-kacangan, produk susu dan sereal gandum.
2. Zat besi: daging merah, ikan, kedelai, roti gandum dan sereal yang diperkaya zat besi.
3. Selenium: kacang Brazil, daging, ikan dan telur
4. Folat: hati, sayuran hijau, buah jeruk, kacang-kacangan, ekstrak ragi dan sereal.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif