Kebiasaan Akhir Pekan yang Menggendutkan (Foto: shutterstock)
Kebiasaan Akhir Pekan yang Menggendutkan (Foto: shutterstock)

Kebiasaan Akhir Pekan yang Menggendutkan

Rona kesehatan
Sri Yanti Nainggolan • 15 September 2018 12:10
Jakarta: Akhir pekan berarti melepaskan diri dari aktivitas padat dan lebih bersantai. Namun, tahukah kebiasaan yang membuat senang tersebut dapat membuat lemak bertumpuk?
 
Berikut adalah beberapa hal yang biasa dilakukan saat akhir pekan tetapi dapat menyebabkan berat badan bertambah.
 
1. Makan di luar
Akhir pekan identik dengan makan di luar rumah. Padahal, makanan tersebut umumnya tinggi sodium, tinggi lemak dan kolesterol, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Beberapa studi menunjukkan bahwa kebiasaan tersebut dapat mengganggu kesehatan dan menyebabkan kegemukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


2. Menonton TV
Beberapa orang memilih menghabiskan waktu dengan menonton TV atau bermain video gim sepanjang hari, kebiasaan yang dapat membuat kegemukan. Selain itu, menurut sebuah studi, aktivitas kurang gerak tersebut dapat menurunkan metabolisme tubuh dan cenderung lebih banyak memasukkan makanan ke dalam mulut.
 
3. Tidur
Ini juga aktivitas yang banyak orang lakukan. Faktanya, tidur berlebihan tak mengembalikan waktu kurang tidur di hari biasa. Dr Vikas Agrawal dariAsian Heart Institute, Mumbai, mengatakan bahwa beberapa perubahan dalam tubuh seperti kantuk dan kelesuan dapat hilang setelah tidur cukup di akhir pekan. Tetapi, kebiasaan tersebut juga dapat menyebabkan kegemukan pada orang dewasa, demikian simpul beberapa penelitian.
 
4. Tidak olahraga
Jeda olahraga cukup sering dilakukan di akhir pekan. Padahal, tak olahraga tidak melepaskan endorfin, hormon yang membuat Anda merasa senang, dalam tubuh dan dapat menyebabkan tubuh lebih capai.
 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi