Ilustrasi-Pexels
Ilustrasi-Pexels

Efek Jangka Panjang Permasalahan Kulit saat Pandemi Covid-19

Rona Virus Korona tips kesehatan kesehatan kulit virus corona covid-19
Raka Lestari • 13 Mei 2020 16:05
Jakarta: Selama masa pandemi covid-19, masyarakat disarankan sering melakukan cuci tangan baik menggunakan hand sanitizer ataupun mencuci tangan menggunakan sabun dan air. Selain mencuci tangan, masyarakat juga diwajibkan menggunakan masker ketika sedang berada di luar rumah.
 
Kebiasaan tersebut seperti mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan menggunakan masker memliki efek samping juga pada kulit. Salah satunya adalah kulit kering. Dokter spesialis kulit – Dermatologi kosmetik, dr. Lilik Norawati, Sp.KK, FINSDV, FAADV, mengatakan bahwa kulit kering tidak bisa diabaikan.
 
Selain itu, penggunaan masker juga memiliki dampak pada kulit. Menurut dr. Lilik, penggunaan masker dapat mengakibatkan kekambuhan jerawat pada orang yang mempunyai bakat jerawat (terutama terjadi di daerah yang tertutup masker), luka-luka akibat tekanan kawat pada masker, dan dermatitis kontak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Efek jangka panjang masalah-masalah kulit tersebut akan menimbulkan bercak-bercak hitam akibat iritasi atau luka, atau jaringan parut akibat jerawat. Masalah ini bukan hanya terjadi pada masyarakat umum, tetapi juga terjadi pada petugas kesehatan di rumah sakit. Terutama petugas medis yang berhadapan langsung dengan pasien covid-19 yang sudah tentu lebih ketat dalam menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) dalam jangka waktu yang lama dan sering.
 
Dr. Abraham Arimurko, Sp.KK- MARS, FINSDV, FAADV, Dokter Spesialis Kulit – Dermatologis Klinik, mengatakan, pemakaian APD yang lebih intens ini menjadi muncul banyak keluhan. Mulai dari ititasi atau rasa pedih saja, muncul ruam, dan lecet.
 
“Bisa juga muncul bisul kecil-kecil, bahkan bisa kambuh herpes yang muncul di sekitar sudut mulut. Selain itu, bisa juga timbul jerawat dan pigmentasi inflamasi, dimanat kulit menjadi hitam-hitam,” ujar Dr. Abraham.
 
“Paling menyedihkan adalah kulit menjadi hitam-hitam karena ada iritasi kronis. Untuk petugas medis wanita yang masih muda, tentunya ini sangat menyedihkan,” tutupnya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif