Berikut ini adalah langkah praktis merawat rambut kering yang mudah mengembang dan kusut. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah langkah praktis merawat rambut kering yang mudah mengembang dan kusut. (Foto: Pexels.com)

Cara Merawat Rambut Mengembang yang Mudah Kusut

Rona gaya
Kumara Anggita • 28 Juli 2020 11:00
Jakarta: Rambut mengembang yang mudah kusut suka bikin penampilan kurang optimal. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ini bisa diatasi dengan menerapkan perawatan yang tepat.
 
Cynthia Cobb, DNP, APRN dalam Healthline bilang rambut mengembang suka berkaitan dengan jenis rambut kering yang Anda miliki. Untuk itu ia memberikan saran sebagai berikut: 

1. Menemukan sampo dan kondisioner yang tepat

Sampo dan kondisioner keduanya memainkan peran penting dalam rutinitas perawatan rambut Anda. Sampo membantu membersihkan rambut Anda sementara kondisioner membantu melembapkan dan melepaskannya. 
 
Saat berbelanja sampo atau kondisioner, cari produk yang ada tulisan "pelembap," "untuk rambut keriting / kering," atau yang berbahan minyak seperti minyak argan atau minyak kelapa. Anda juga mungkin bisa menghindari sampo yang mengandung sulfat karena dapat mengeringkan rambut Anda lebih jauh.

2. Serum rambut

Serum rambut adalah produk berbasis silikon yang melapisi rambut Anda dan melindunginya dari kerusakan. Serum dapat membantu melawan rambut kusut dengan mencegah pembengkakan dan membantu rambut Anda mempertahankan kelembapan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cari serum yang mengandung bahan pelembap seperti lidah buaya. Waktu terbaik untuk mengoleskan serum rambut Anda adalah segera setelah mencucinya, saat masih basah.

3. Jangan sering sampo rambut

Bahkan sampo yang dirancang untuk melembapkan dapat melucuti rambut Anda dari minyak esensial jika terlalu sering digunakan. Jika rambut Anda cenderung kering, Anda hanya perlu menggunakan setiap tiga hari sekali.
 
Untuk mengurangi kekeringan dan rambut kusut, coba keramas saja ketika rambut Anda sudah terasa berminyak.

4. Minyak rambut

Minyak rambut membantu menjaga rambut keriting dan melayang agar tetap lembap. Banyak jenis minyak yang dapat membantu Anda mengurangi rambut kusut. Beberapa minyak yang paling umum digunakan untuk rambut kering termasuk:
 
- minyak zaitun
- minyak kelapa
- minyak alpukat
- minyak almond
- minyak argan
- minyak jarak
- minyak jojoba

5. Kondisioner tanpa bilas

Kondisioner tanpa bilas dirancang agar menjaga kelembapan rambut Anda. Cara ini bisa berhasil karena kondisioner tinggal lebih lama di rambut Anda.

6. Masker rambut

Masker rambut membuat rambut tetap lembap dan bergizi. Anda dapat membeli masker rambut yang sudah jadi atau membuat sendiri bahan-bahan seperti pisang, madu, atau kuning telur. Masker rambut biasanya dibiarkan di rambut Anda antara 20 menit hingga 1 jam kemudian bilas bersih.
 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif