CDC juga memperbarui pedomannya pada akhir April, menasihati pemilik hewan peliharaan untuk tidak membiarkan anjing mereka berinteraksi dengan siapa pun di luar rumah. (Ilustrasi/Pexels)
CDC juga memperbarui pedomannya pada akhir April, menasihati pemilik hewan peliharaan untuk tidak membiarkan anjing mereka berinteraksi dengan siapa pun di luar rumah. (Ilustrasi/Pexels)

Pandemi Covid-19, Haruskah Anjing Peliharaan Gunakan Masker?

Rona masker Virus Korona binatang peliharaan virus corona covid-19
Sunnaholomi Halakrispen • 23 Mei 2020 17:04
Jakarta: Di tengah pandemi covid-19, apakah menggunakan masker pada anjing peliharaan merupakan tindakan pencegahan yang cerdas atau tindakan yang tidak perlu? Inilah penjelasan para ahli tentang apakah masuk akal memakaikan masker pada hewan peliharaan Anda.
 
Jika Anda memiliki anjing, mungkin muncul di benak Anda tentang bisakah anjing terpapar atau menyebarkan virus corona baru. Pertanyaan lainnya, haruskah mengambil langkah-langkah khusus untuk melindungi anjing? 
 
Tentu saja, demi menjaga anjing yang Anda cintai, Anda tidak akan membiarkannya terserang virus mematikan itu. Pemikiran paling terlintas ialah jika kita semua memakai masker, maka akan masuk akal bahwa anjing kita juga harus mengenakannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), mengumumkan pada 22 April 2020 bahwa dua kucing peliharaan di Amerika Serikat telah terinfeksi virus tersebut. Bahkan terjadi juga pada beberapa harimau dan singa di Kebun Binatang Bronx.
 
"Saat ini kami tidak memiliki informasi yang menunjukkan bahwa hewan peliharaan mungkin menjadi sumber infeksi bagi orang yang menyebabkan covid-19. Tetapi, jika Anda sakit dengan covid-19, Anda harus batasi kontak dengan hewan peliharaan dan hewan lain, sama seperti Anda harus membatasi kontak Anda dengan orang lain," lapor American Veterinary Medical Association (AVMA) dikutip dari The Healthy.
 
CDC juga memperbarui pedomannya pada akhir April, menasihati pemilik hewan peliharaan untuk tidak membiarkan anjing mereka berinteraksi dengan siapa pun di luar rumah. Selain itu, memastikan hewan peliharaan secara sosial menjauhkan diri dari manusia dan anjing lain ketika sedang berjalan di luar rumah.
 
Menurut Natalie Marks, DVM, dokter hewan untuk Rumah Sakit Hewan VCA Blum dan pendiri Fear Free Pets menyampaikan hal lain. Ia mengacu pada penelitian lain yang menunjukkan bahwa tidak ada risiko langsung terhadap anjing.
 
"Jurnal Science minggu lalu menerbitkan sebuah penelitian (di situs webnya) yang menyatakan bahwa anjing tidak rentan terhadap virus ini," tutur Dr. Marks. 
 
Studi ini juga menemukan bahwa ayam, babi, dan bebek tidak mungkin untuk terpapar covid-19. Lalu, apakah penggunaan masker pada anjing peliharaan direkomendasikan? 
 
Di pasaran, sejumlah masker wajah yang dibuat khusus untuk anak anjing  yang dapat disesuaikan sesuai dengan ukuran moncong mereka. Klaim pemasaran menyatakan bahwa masker hewan peliharaan dapat membantu mencegah masuknya beberapa kotoran.
 
Di antaranya, debu dan atau serbuk sari, meminimalkan paparan asap rokok, menghindari infeksi pernapasan. Kemudian juga mencegah menggigit, mengunyah, atau menelan bahan-bahan terlarang, dan meminimalkan anjing peliharaan Anda menggonggong. 
 
Tetapi meskipun ingin menggunakannya kepada anjing, masker itu tidak berarti suatu keharusan untuk dipakai mereka. Faktanya, masing-masing dokter hewan mengatakan bahwa meminta anjing Anda memakai masker tidak perlu dan kemungkinan merupakan upaya yang sia-sia.
 
"Saya tidak merekomendasikan penggunaan masker pada hewan peliharaan. Tidak ada sirkulasi atau ruang yang cukup di masker ini untuk ventilasi dan menghalang kenyamanan anjing untuk terengah-engah," jelas Dr. Bayley, DVM, dokter hewan di Indian Trail Animal Hospital di Spokane, Washington.
 
Selain itu, anjing juga tidak dapat mengakses air. Ia menyatakan bahwa masker ini khususnya tidak baik pada anjing yang berwajah datar, karena bisa sangat berbahaya untuk membatasi aliran udara ke anjing jenis itu.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif