(Foto: Shutterstock)
(Foto: Shutterstock)

Tips Menurunkan Berat Badan saat Menyusui

Rona diet
Sri Yanti Nainggolan • 04 Oktober 2018 07:00
Jakarta: Tak sedikit ibu yang ingin segera mengembalikan berat badan normal setelah melahirkan. Menyusui disebut-sebut mampu menurunkan berat badan secara alami. 
 
Namun, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini agar berat badan turun seiring bertambahnya usia anak.
 
1. Tidak memaksakan diri

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada dasarnya, dua minggu pertama setelah melahirkan, semua perhatian akan terserap pada si kecil. Jadi, akan lebih baik jika Anda fokus mengurus bayi terlebih dahulu.
 
Enam minggu pertama adalah periode transisi dimana bayi belajar beradaptasi dengan dunia luar. Jangan sampai Anda mengabaikan fase ini hanya karena lebih fokus ingin menurunkan berat badan. 
 
2. Cari pengganti camilan yang tepat
 
Pilihlah cemilan dengan cerdas, seperti lebih memilih buah daripada keripik. Beberapa makanan lain yang juga bisa toleransi saat program diet  adalah kentang rebus, ubi jalar, dan nasi cokelat. 
 
Buah dan sayur juga dapat dijadikan pilihan camilan. Potong kedua makanan sehat tersebut dalam ukuran lebih kecil dan simpan di kulkas untuk peredam lapar.
 
3. Makan dengan jumlah lebih sedikit
 
Jarak makan yang terlalu lama dapat memengaruhi asupan ASI. Akibatnya, tubuh akan mengambil energi cadangan dan mengakibatkan penurunan produksi insulin dan memengaruhi hormon tiroid. Hormon yang mengontrol produksi ASI, prolaktin pun ikut menurun. 
 
Oleh karena itu, sebaiknya cobalah makan enam kali sehari dengan porsi kecil agar rasa kenyang tetap terjaga. 
 
4. Olahraga 
 
Selain menunggu enam minggu sebelum kembali aktif berolahraga, seimbangkan dengan pola makan sehat. Sebelum berlari, misalnya, konsumsilah sayuran dan sedikit karbohidrat supaya suplai ASI tidak menurun. 
 
Setiap orang mengalami proses penurunan berat badan yang berbeda, jadi jangan berkecil hati jika penurunan berat badan cenderung lambat. Yang terpenting adalah asupan ASI untuk si kecil tak terganggu. 
 
Lihat video:
 

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif