Berikut ini adalah beberapa alasan Anda mengalami buang air kecil secara berlebihan. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah beberapa alasan Anda mengalami buang air kecil secara berlebihan. (Foto: Pexels.com)

5 Alasan Anda Sering Kencing

Rona kesehatan
Raka Lestari • 20 Juni 2019 09:06
Ada beberapa alasan kenapa Anda jadi sering kencing. Salah satunya karena efek kecemasan dan stres. Ini menyebabkan Anda mengalami buang air kecil berlebihan. Terkadang, jika Anda merasa cemas atau stres, hal itu dapat menyebabkan sensitivitas tinggi pada kandung kemih kemudian Anda jadi sering berkemih setelahnya.
 
 
Jakarta:
Beberapa orang mungkin pernah mengalami buang air kecil berlebih. Tentunya hal itu bisa mengganggu aktivitas Anda karena harus bolak-balik ke toilet. 
 
Penyebab dari buang air kecil berlebih bisa bermacam-macam, mulai dari kebiasaan makan dan minum atau bahkan karena ukuran kandung kemih Anda sendiri. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada sejumlah alasan yang memengaruhi seberapa sering kita harus buang air kecil, termasuk usia, pola makan, kondisi medis, obat-obatan, volume asupan cairan, dan jenis asupan cairan," kata Ekene Enemchukwu, MD, seorang ahli urologi di Stanford Medical Center. 
 
Tetapi kenyataannya adalah, beberapa orang memiliki anatomi yang berbeda dan kandung kemih yang lebih kecil, atau tubuh mereka menghasilkan lebih banyak urine dibandingkan beberapa orang lainya. 
 
5 Alasan Anda Sering Kencing
(Penyebab dari buang air kecil berlebih bisa bermacam-macam, mulai dari kebiasaan makan dan minum atau bahkan karena ukuran kandung kemih Anda sendiri. Foto: Pexels.com)
 
Dan berikut ini adalah beberapa alasan Anda mengalami buang air kecil secara berlebihan: 

1. Minum kopi

Minuman berkafein merupakan salah satu penyebab yang kuat untuk menyebabkan Anda buang air kecil berlebihan. "Kafein dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih dan juga bersifat diuretik," jelas Bilal Chughtai, MD, seorang profesor urologi di Weill Cornell Medicine. "Itu membuat kandung kemih Anda lebih terlalu aktif, dan itu juga membuat Anda memproduksi lebih banyak urine."

2. Stres berlebihan

Salah satu efek kecemasan dan stres adalah dapat menyebabkan Anda mengalami buang air kecil berlebihan. "Terkadang, jika Anda merasa cemas atau stres, hal itu dapat menyebabkan sensitivitas tinggi pada kandung kemih sehingga menyebabkan buang air kecil yang berlebihan," kata Dr Chughtai. 

3. Infeksi saluran kemih (UTI)

Infeksi saluran kemih atau Urinary Tract Infection terjadi ketika bakteri menyerang kandung kemih Anda. Hal ini menyebabkan Anda sering buang air kecil atau setidaknya merasakan keinginan untuk buang air kecil. Jika Anda mengalami infeksi saluran kemih, Anda kemungkinan akan membutuhkan antibiotik agar frekuensi buang air kecil Anda kembali normal.

4. Konstipasi

Salah satu penyebab Anda mengalami buang air kecil berlebihan adalah konstipasi. Terlalu sering mengejan menyebabkan tekanan ekstra pada otot kandung kemih dan dasar panggul Anda, yang sangat penting untuk membantu Anda mengendalikan keinginan untuk buang air kecil. Seiring waktu, tekanan berlebih ini melemahkan otot Anda, membuatnya lebih sulit untuk menahan urine Anda.

5. Diabetes

Beberapa gejala diabetes yang tidak terkontrol adalah rasa haus yang berlebihan dan seringnya buang air kecil, terutama di malam hari. Jika Anda memiliki diabetes yang tidak diobati, tubuh Anda berusaha untuk menyingkirkan kelebihan gula darah, sehingga Anda akan sering buang air kecil.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif