Kebahagiaan diciptakan, bukan ditemukan. (Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)
Kebahagiaan diciptakan, bukan ditemukan. (Foto: Tyler Nix/Unsplash.com)

Cara Mendapatkan Kebahagiaan

Rona psikologi
Dhaifurrakhman Abas • 04 Januari 2019 16:41
Jakarta: Capaian kebahagian setiap orang bisa berbeda. Ada yang bahagia ketika berhasil memiliki rumah mewah. Adapula yang bahagia hanya dengan mendapat sapaan dari atasan ketika berpapasan.
 
Menurut ilmu prespektif psikologi positif, kebahagiaan merupakan emosi positif yang didapatkan seseorang dari pengalaman menyenangkan. Kebahagiaan juga diartikan dari kepuasan dan penghargaan hidup (Lyubomirsky et al., 2005).
 
Sementara penulis Jaeda DeWalt melihat kebahagiaan dari perspektif yang berbeda. Kebahagiaan menurutnya diciptakan, bukan ditemukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kebahagiaan adalah keadaan pikiran dalam bentuk terbaiknya. Ia berdiri sendiri terlepas dari keadaan kehidupan," kata DeWalt.
 
Terlepas dari apakah Anda setuju dengan gagasan DeWalt, yang pasti kebahagian berdampak baik buat tubuh yang merasakannya. Sebab rasa bahagia membantu tubuh memproduksi hormon yang mampu meningkatkan sistem imun.
 
Ketika masuk ke aliran darah, hormon tadi akan mengirimkan sinyal ke otak. Setelahnya bagian tubuh yang merespons otak akan menciptakan lebih banyak sel-sel imun.
 
Bahkan menurut peneliti dari University of California, Los Angeles, tertawa bahagia selama beberapa menit sudah mampu meningkatkan jumlah sel darah putih pembunuh sel penyakit, secara signifikan.
 
(Baca juga: 10 Budaya Makan Sehat yang Bikin Bahagia)
 
Cara Mendapatkan Kebahagiaan
(Menurut ilmu prespektif psikologi positif, kebahagiaan merupakan emosi positif yang didapatkan seseorang dari pengalaman menyenangkan. Foto: Allef Vinicius/Unsplash.com)
 
Lantas bagaimana cara mudah mendapatkan kebahagiaan setiap hari?
 
1. Tuliskan satu hal yang Anda syukuri
 
Melansir Huffpost, rasa bersyukur dan kebahagiaan secara intrinsik saling terkait. Ini sebabnya Anda harus mempertimbangkan untuk menjadikan rasa syukur sebagai kebiasaan setiap hari.
 
Beberapa cara menarik bisa dilakukan. Misalnya menuliskan rasa syukur yang Anda terima dalam bentuk jurnal dan tulisan.
 
Setidaknya, cara ini akan membantu mengingatkan bahwa dunia tak melulu bersikap jahat kepada Anda. Ada pengalaman menyenangkan yang pernah dirasakan, dibuktikan dari catatan rasa syukur tersebut.
 
2. Sarapan sehat
 
Tim Sharp, seorang psikolog, mengungkapkan rasa bahagia bisa didapatkan dari sarapan yang sehat. Hal ini bahkan menentukan mood Anda sampai matahari terbenam.
 
"Apa yang kami lakukan pertama kali di pagi hari biasanya menentukan nada untuk sisa hari itu," kata Sharp, dinukil HuffPost.
 
Jadi, mulai hari Anda dengan sarapan yang bergizi setiap hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran dapat meningkatkan kebahagiaan sekaligus kesehatan tubuh.
 
3. Maafkan seseorang
 
Memaafkan seseorang mungkin sedikit sulit. Tetapi alangkah baiknya jika Anda terbangun setiap pagi tanpa rasa dendam mengikat.
 
Jika Anda benar-benar kesukitan memaafkan, coba untuk melepaskannya dengan pertimbangkan bahwa memaafkan merupakan hadiah untuk diri sendiri.
 
Lagipula, beberapa penelitian telah menggarisbawahi manfaat dari melepaskan dendam. Bisa meningkatkan kesejahteraan, menurunkan kecemasan dan bahkan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif