Lima Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Musim Hujan

Raka Lestari 31 Oktober 2018 09:08 WIB
kesehatan
Lima Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Musim Hujan
Mengonsumsi oatmeal hangat pada musim hujan sangat sempurna untuk melawan penurunan energi saat cuaca dingin. (Foto: Jennifer Pallian/Unsplash.com)
Jakarta: Cuaca dingin terkadang dapat membuat kesehatan tubuh Anda menurun, dan salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan jenis-jenis makanan yang dapat meningkatkan energi Anda di musim hujan. 

"Sangat penting untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu pada musim hujan," ujar Dr Mike Roussell, Ph.D., salah satu pendiri Neuro Coffee dan Neutein. 

"Hal ini karena biasanya beberapa makanan yang tertentu akan menjadi lebih segar dan kaya akan nutrisi jika dikonsumsi pada musim hujan."


Dikutip dari Eite Daily, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan energi Anda di musim hujan.

1. Goji berry
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Alternative and Complementary Medicine, meminum jus goji berry selama dua minggu dapat secara signifikan meningkatkan tingkat energi Anda, serta kemampuan Anda untuk fokus, dan itu bahkan dapat membantu Anda merasa lebih tenang.

(Baca juga: Hindari Konsumsi Makanan Ini Saat Cuaca Dingin)

2. Oatmeal 
Menurut sebuah studi terhadap profil nutrisi oat, yang diterbitkan dalam Journal of Food Science Technology, kandungan lemak tinggi dalam makanan ini berarti bahwa ia mengandung energi yang sehat untuk tubuh Anda. Mengonsumsi oatmeal hangat pada musim hujan sangat sempurna untuk melawan penurunan energi saat cuaca dingin. 

3. Kaldu tulang
"Kami sering merekomendasikan makanan kaya protein yang berbentuk cair, seperti kaldu, khususnya kaldu tulang, karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda," kata Monica Auslander Moreno, MS, RD, LD/N, konsultan nutrisi untuk RSP Nutrition. 

"Anda juga dapat memasukkan rempah-rempah lain seperti oregano, kunyit, bawang putih, dan cabai rawit dalam kaldu Anda, yang dapat membantu melawan pilek juga," tambah Moreno. 

4. Tiram mentah
"Tiram mentah merupakan makanan yang paling baik dikonsumsi selama musim dingin," kata Dr Roussell. "Mereka juga sangat kaya zinc. Zinc adalah mineral utama yang diperlukan untuk kekebalan tubuh dan fungsi otak yang tepat. Dua hal penting selama musim dingin akan terasa kurang berjalan dengan baik." 

5. Pasta
Dr Roussell mengatakan Anda tidak boleh mengabaikan makanan berat seperti karbohidrat favorit Anda ketika cuaca dingin karena hujan karena karbohidrat selain memberi Anda banyak energi karbohidrat juga dapat membantu mencegah perubahan mood yang berhubungan dengan cuaca juga. 

Pada dasarnya, menurut Roussell, insulin yang dilepaskan dalam tubuh Anda ketika Anda makan karbohidrat akan diubah menjadi serotonin. "Semakin banyak serotonin yang diproduksi otak Anda, semakin baik perasaan Anda," tambah Dr Rousell. 






(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id