banner
Rutin Zumba Baik untuk Kesehatan Mental
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang rutin melakukan zumba selama lima minggu tak hanya sehat secara fisik, tetapi juga mental.

Zumba adalah program latihan kebugaran yang melibatkan tari dan aerobik, menggunakan musik yang bertempo cepat. Koreografi menggabungkan hip-hop, soca, samba, salsa, merengue, dan mambo. Squats dan lunges juga disertakan.

Untuk penelitian ini, periset mempertimbangkan orang-orang dengan berbagai gaya hidup. Mereka berpartisipasi dalam program latihan lima minggu berdasarkan disiplin zumba fitness. Menurut para peserta, zumba membantu mereka meningkatkan kualitas hidup mereka, terutama aspek emosional.


Kualitas hidup adalah konsep yang luas yang terdiri dari berbagai aspek dan terbagi menjadi delapan dimensi, yakni sosial, emosional, keadaan fisik, fungsi fisik, vitalitas, kesehatan mental, dan kesehatan umum.

“Menarik untuk dicatat bahwa dimensi emosional, yang merupakan nilai terendah di awal, adalah nilai tertinggi pada akhir program latihan,” kata pemimpin peneliti Yaira Barranco Ruiz, dari Universitas Granada ( UGR) di Spanyol. Penelitian ini pun telah diterbitkan dalam Health Education Journal.

Selain Zumba, terdpat juga beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental.

1. Meditasi

10 menit meditasi pada pagi hari. Jika tidak bisa melakukannya pada pagi hari, maka meditasi 10 menit sebelum tidur membantu dalam meningkatkan kesehatan mental Anda dan juga meningkatkan ingatan Anda. Buatlah satu titik untuk mengambil setidaknya 10 menit setiap hari untuk meditasi. Ini sangat membantu.

 2. Olahraga

Berolahraga meski selama 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan ingatan. Berjalan, jogging, atau bahkan bersepeda bisa menjadi bagian dari rutinitas latihan harian Anda. Ini membantu dalam menjaga pikiran Anda tetap segar, mengusir stres, memperbaiki kesehatan mental dan ingatan.

 3. Dark Chocolate

Cokelat hitam mengandung flavanoid, kafein, dan theobromine yang membantu meningkatkan kewaspadaan dan kesehatan mental. Tapi ini tidak berarti Anda bisa mengonsumsi cokelat hitam terus-menerus. Cukup sepotong kecil coklat hitam setiap hari membantu meningkatkan ingatan dan kesehatan mental Anda.

4. Tidur Nyenyak

Tidur yang nyenyak dan memadai sama pentingnya untuk kesehatan mental Anda. Jika tidur Anda terganggu bahkan untuk satu hari, hal itu akan mempengaruhi daya pikir, memori, dan kesehatan mental Anda secara keseluruhan. Orang dewasa harus memiliki minimal tujuh jam tidur setiap hari.





(DEV)