Benarkah Depresi Bisa Diketahui dari Postingan Instagram?
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Sebuah studi baru yang dipublikasikan di EJP Data Science menemukan bahwa depresi dapat terlihat melalui instagram feed Anda. Korelasi itu begitu kuat sehingga para periset dapat mengidentifikasi penanda depresi dalam gambar yang diposkan sebelum mendiagnosis seseorang.

"Pada studi yang menghubungkan suasana hati, warna kulit, dan kesehatan mental, individu yang sehat akan lebih memilih warna-warna yang lebih cerah, lebih terang, dan lebih hidup. Sedangkan mereka yang mengalami depresi cenderung lebih memosting gambar-gambar dengan warna yang lebih gelap dan lebih kelabu," menurut studi tersebut.

Hal tersebut tidak hanya berlaku pada foto, tetapi juga pada pilihan filter yang dipilih. Mereka yang didiagnosis mengalami depresi sangat mungkin menggunakan Inkwell (filter hitam putih) atau tidak sama sekali.


Dengan kata lain, orang-orang yang menderita depresi cenderung lebih menyukai filter yang dapat mengaburkan warna pada foto mereka. Sedangkan mereka yang tidak mengalami depresi cenderung menggunakan filter Valencia, yang dapat memperjelas warna foto.

Dari 166 orang dan 43.950 posting yang diteliti, tercatat juga bahwa orang yang mengalami depresi berkaitan dengan jumlah posting yang lebih sedikit.

Melalui apa yang mereka posting di media sosial mereka dapat terlihat bagaimana kondisi kesehatan mental mereka sehingga dapat membuka jalan bagi mereka yang ingin memberikan bantuan kepada mereka yang terlihat mengalami depresi tersebut.


Lihat video:


 



(DEV)