Tips Hindari Ruam akibat Memakai Popok
Ketika memperkenalkan makanan pada anak, perhatikan seluruh area tubuh, termasuk pantat, untuk melihat apakah ada efek alergi. (Foto: Jenna Norman/Unsplash.com)
Jakarta: Ruam karena popok dapat mengganggu kenyamanan pada bayi. Untuk mengurangi ketidaknyamanan, ada beberapa tips yang bisa orang tua lakukan. 

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar tak muncul ruam saat si kecil memakai popok. 

1. Pastikan pantat bayi bersih dan kering
Gantilah popok sesering mungkin, tiga jam sekali normalnya. Bahkan di malam hari. Bersikan daerah intim bayi saat mengganti popok termasuk menepok dengan lembut dan jangan menggosok terlalu keras. Ingatlah untuk membersihkan tangan Anda setelah melakukannya. 


(Baca juga: Ruam Popok Pada Bayi)


(Ketika memperkenalkan makanan pada anak, perhatikan seluruh area tubuh, termasuk pantat, untuk melihat apakah ada efek alergi. Foto: Picsea/Unsplash.com)

2. Pandai memilih produk
Dilansir dari The Health Site, jangan tergoda dengan popok wangi karena bisa saja mengandung lebih banyak kimia. "Hindari juga popok dengan kandungan alkohol atau terlalu harum," tulis laman yang sama lagi. Bersihkan pantat bayi dengan air hangat atau kain basah. Jika Anda menggunakan popok kain, pastikan mencucinya dengan bersih sehingga tidak ada sisa detergen yang keras.

3. Lakukan sambil menyapih
Ketika memperkenalkan makanan pada anak, perhatikan seluruh area tubuh, termasuk pantat, untuk melihat apakah ada efek alergi. Jika iya, susui anak segera. Hal itu bisa meningkatkan kekebalan dan membantu mengurangi kemungkinan ruam. 

4. Periksa popok
Hindari popok yang terlalu kencang. Pastikan sirkulasi udara pada daerah tersebut baik dan pas. Cobalah beberapa merek sebelum memutuskan memakai yang mana. Selain itu, biarkan bayi tanpa popok sesekali. 

5. Merawat kulit bayi
Pilihlah salep atau bubuk khusus untuk bayi untuk melindungi kulit dari ruam saat memakai popok. Salep berperan sebagai lapisan pelindung kulit sementara bubuk membanatu menjaga permukaan kulit tetap kering. Jangan langsung menggunakan bedak di area tersebut. Tepuk bubuk di antara telapak tangan Anda dan dengan lembut pada alat kelamin bayi.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id