Ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya tidak Anda semprotkan parfum. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya tidak Anda semprotkan parfum. Berikut informasinya. (Foto: Pexels.com)

Lima Area Tubuh yang Harus Dihindari dari Semprotan Wewangian

Rona kesehatan
Anda Nurlaila • 19 April 2019 15:19
Menyemprot minyak wangi atau parfum bagi sebagian orang merupakan hal yang wajib. Karena salah satunya bisa menambah rasa percaya diri. Parfum sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Kata "parfum" berasal dari bahasa Latin per fume artinya "melalui asap". Tapi ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya tidak Anda semprotkan parfum, seperti misalnya rambut. Rambut menyerap aroma secara alami. Menyemprot wewangian ke rambut, dapat mengeringkan rambut.
 

 
Jakarta:
Aroma parfum favorit di pagi hari sebelum beraktivitas tentu dapat menambah rasa percaya diri. Namun, bagi kebanyakan penggemar parfum, biasa menyemprotkan parfum di hampir seluruh tubuh. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi ada beberapa bagian tubuh yang sebaiknya tidak Anda semprotkan parfum. Mengutip Readers Digest, Ada bagian-bagian tubuh yang seharusnya bebas dari parfum. Berikut di antaranya:

1. Mata

Mata dan daerah sekitar mata adalah salah satu tempat terlarang menyemprotkan parfum. Parfum berbahan dasar etil alkohol, bahkan beberapa di antaranya hingga 95 persen. Alkohol dapat menyebabkan iritasi dan menyengat jika bersentuhan dengan area sensitif, seperti mata.
 
(Baca juga: Tips Memakai Parfum agar Wanginya Tahan Lama)
 
Lima Area Tubuh yang Harus Dihindari dari Semprotan Wewangian
(Tempat terbaik untuk menyemprotkan parfum adalah pada titik nadi tubuh, termasuk pergelangan tangan, leher, dan bagian belakang lutut. Foto: Pexels.com)

2. Rambut

Rambut menyerap aroma secara alami, itulah sebabnya awalnya mungkin tampak seperti ide bagus menyemprot wewangian atau parfum ke rambut.
 
Namun, parfum berbasis alkohol dapat mengeringkan rambut terutama jika disemprotkan langsung ke rambut. Sebagai gantinya, semprot parfum ke sikat rambut lalu sikat rambut untuk menghindari kerusakan.

3. Tangan

Mengoleskan parfum di pergelangan tangan salah satu cara paling populer untuk mencium aroma harum sepanjang hari. Namun, parfum berbasis alkohol dapat membuat kulit Anda kering dan berpotensi menyebabkan kulit kering hingga berdarah. Plus menggosok-gosok mata setelah menyemprot parfum di tangan bisa menyebabkan iritasi.

4. Ketiak

Menyemprotkan parfum ke ketiak Anda berpotensi menimbulkan iritasi. Interaksi antara parfum dan kelenjar keringat ketiak dapat menyebabkan rasa gatal dan terbakar.

5. Alat kelamin

Demikian pula, menyemprotkan parfum di dekat area pribadi juga dapat menyebabkan kulit kering. Bagi wanita, wewangian dapat "berpotensi mengiritasi vagina dan menyebabkan peradangan, gatal, dan nyeri," menurut Insider Health. 
 
Lalu, di mana titik aman harus menyemprotkan parfum atau wewangian pada tubuh Anda? Tempat terbaik untuk menyemprotkan parfum adalah pada titik nadi tubuh.
 
Ini termasuk pergelangan tangan, leher, dan bagian belakang lutut. Dengan mengoleskan parfum ke area pemancar panas ini, aroma favorit tidak akan mengiritasi kulit.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif