NEWSTICKER
Hingga saat ini belum ada kepastian apakah seseorang yang sudah terkena covid-19 bisa terkena hingga dua kali. Berikut selengkapnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Hingga saat ini belum ada kepastian apakah seseorang yang sudah terkena covid-19 bisa terkena hingga dua kali. Berikut selengkapnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Apakah Anda Bisa Terkena Virus Korona Dua Kali?

Rona Virus Korona virus corona covid-19
Kumara Anggita • 23 Maret 2020 18:38
Jakarta: Salah satu kabar baik dari virus korona atau covid-19 adalah, orang yang terkena memiliki kemungkinan untuk sembuh yang besar. Kendati demikian, dilansir dari Independent, para ahli percaya bahwa mereka yang telah terinfeksi virus tidak sepenuhnya kebal terhadap penyakit ini lagi di kemudian hari. 
 
Menurut Li QinGyuan, direktur pencegahan dan perawatan radang paru-paru di Rumah Sakit Persahabatan Jepang dan Tiongkok di Beijing, mereka yang telah terinfeksi covid-19 mengembangkan antibodi pelindung sendiri, tetapi tidak jelas berapa lama perlindungan tersebut berlangsung.
 
"Namun, pada individu tertentu, antibodi tidak dapat bertahan selama itu," kata Li kepada USAToday. "Bagi banyak pasien yang telah sembuh, ada kemungkinan kambuh,” jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada anak-anak, saat ini diyakini bahwa virus menyebabkan perkembangan "setidaknya kekebalan jangka pendek". 
 
"Tidak ada yang tahu pasti, tetapi kebanyakan anak-anak kemungkinan mengembangkan setidaknya kekebalan jangka pendek terhadap virus korona spesifik yang menyebabkan covid-19," papar Dr Peter Jung, asisten profesor pediatri di University of Texas Medical School di Houston dalam The Huffington Post. 
 
"Tetapi seperti halnya flu dapat bermutasi, demikian juga covid-19, yang akan membuat seseorang rentan untuk terinfeksi kembali,” lanjutnya.
 
Namun, menurut Dr Stephen Gluckman, seorang dokter penyakit menular di Penn Medicine dan direktur medis Penn Global Medicine, orang yang sudah pernah sakit kebanyakan jadi kebal. Tapi untuk kasus covid-19 dunia masih menunggu hal-hal dalam penelitian yang pasti. Dan ini belum sepenuhnya terjawab dengan tegas. 
 
Jadi tetap jaga kesehatan Anda dengan PHBS atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta jangan bosan-bosan mencuci tangan setelah melakukan banyak hal. Dan lakukan social distancing ketika Anda terpaksa harus berada di luar rumah.

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif