Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Cara Membedakan Waktu Penggunaan Obat Mata dengan Masa Kedaluwarsa

Rona mata kesehatan mata
Kumara Anggita • 14 Agustus 2020 18:11
Jakarta: Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak orang dalam penggunaan obat tetes mata atau salep mata adalah tidak memerhatikan botol kemasan obat sebelum menggunakannya. Hal ini membuat mereka tak bisa membedakan batas penggunaan obat dengan waktu kedaluwarsa.
 
Apoteker RS UI, Sri Wulandah Fitriani menekankan bahwa, batas waktu penggunaan obat dengan waktu kedaluwarsa adalah dua hal yang berbeda. Banyak orang tetap menggunakan obat karena hanya mengacu pada waktu kedaluwarsanya.

Tetes mata, salep mata multidose

Tetes mata, salep mata, atau bahkan tetes teling multidose (dalam kemasan botol untuk obat tetes, kemasan tube untuk salep) dapat digunakan kurang dari satu bulan. Tepatnya sejak pertama kali tutup dibuka.

Tetes mata single dose

Tetes mata single dose atau kemasan botol-botol kecil dalam untaian, yang jika digunakan, untaian tersebut dipatahkan dan tutup botol dapat ditutup kembali, ternyata masih bisa digunakan selama 3x24 jam. Atau sejak pertama kali tutup dibuka.
 
Untuk menghindari kesalahan ini, Sri Wulandha menganjurkan Anda untuk menulisakn tanggal pertama kali obat itu dibuka. Dengan seperti itu, Anda tidak akan lupa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Tulislah tanggal pembukaan segel kemasan untuk mengetahui tanggal penyimpanan obat mata,” jelas Sri dalam Webinar RSUI yang bertajuk Kenali Gejala Kelainan Mata Anak.
 
Selain itu ia juga menambahkan agar Anda jangan sampai lupa untuk menutup kembali obat salep mata dengan benar lalu. Untuk kemudian mencuci tangan kembali setelah penggunaan.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif